SIMANJUNTAK, YOSUA RAYMOND (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN BLOOMERY PATISSERIE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (YOSUA RAYMOND SIMANJUNTAK)
17 09 06 352 0.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
17 09 06 352 1.pdf Download (820kB) | Preview |
|
|
Text
17 09 06 352 2.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
17 09 06 352 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
17 09 06 352 4.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan jumlah bisnis kuliner menuntut pemilik usaha untuk melakukan diferensiasi mulai dari pelayanan, cita rasa dan produk yang berkualitas, dan tempat usaha yang berbeda. Kondisi bertujuan untuk meningkatkan konsumen dan penjualan dari masing-masing bisnis kuliner. Memaksimalkan kegiatan komunikasi pemasaran merupakan jalan yang dilakukan untuk membantu hal tersebut. Kegiatan komunikasi pemasaran tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan yang sama namun dengan cara yang berbeda kepada konsumen atau calon konsumen potensial. Kegiatan komunikasi pemasaran tersebut meliputi : Advertising, Personal Selling, Internet Marketing, Sales Promotion, Public Relation, dan Direct Marketing. Dengan menerapkan model komunikasi SMCR Berlo, berbagai saluran tersebut digunakan untuk memastikan seluruh konsumen dan calon konsumen potensial menerima pesan yang disampaikan dengan maksimal. Pada penelitian ini, peneliti berfokus pada implementasi komunikasi pemasaran Bloomery Patisserie yang dikelola oleh Divisi Marketing Bloomery Patisserie. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara dan studi dokumen sebagai pengumpulan data. Terdapat 3 (tiga) narasumber dalam penelitian ini yang merupakan bagian dari Divisi Marketing Bloomery Patisserie, yaitu pemilik usaha sekaligus Marketing Manager, Social Media Manager, dan seorang konsumen Bloomery Patisserie. Ketiga narasumber berperan penting dalam setiap kegiatan komunikasi pemasaran Bloomery Patisserie. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bloomery Patisserie dalam implementasi komunikasi pemasaran menerapkan 5 dari 6 bauran komunikasi pemasaran yang disampaikan oleh Belch & Belch (2012), yaitu Advertising, Public Relation, Direct Marketing, Sales Promotion, dan Internet Marketing. Dalam proses pengelolaan pesan, Bloomery Patisserie memperhatikan 5W+1H serta harus mengedepankan 3 pilar utama Bloomery Patisserie.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi komunikasi pemasaran, SMCR |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 17:56 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 17:56 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29509 |
Actions (login required)
View Item |