Hutagalung, Nadya Feronika (2023) PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE HRM MOBILE APPLICATION PT. HASHMICRO SOLUSI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Nadya Feronika Hutagalung)
191710435_Bab 0.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
191710435_Bab 1.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
191710435_Bab 2.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
191710435_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text
191710435_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
191710435_Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
PT. Hashmicro Solusi Indonesia, perusahaan teknologi yang fokus pada enterprise resources planning (ERP), ingin mempermudah pengelolaan data karyawan melalui pengembangan aplikasi HRM mobile. Penelitian ini bertujuan merancang user interface yang responsif dan user-friendly untuk aplikasi HRM mobile dengan menggunakan metode Design Thinking. Dalam penelitian ini, metode Design Thinking digunakan sebagai pendekatan inovatif yang melibatkan pemahaman mendalam terhadap pengguna dan pengujian iteratif untuk menciptakan solusi yang efektif dan efisien. Metode Design Thinking menerapkan pendekatan human-centered dan iteratif dalam merancang user interface. Penelitian ini terdiri dari lima tahap utama. Tahap pertama adalah pemahaman terhadap kebutuhan pengguna, di mana peneliti melakukan wawancara dan studi literatur untuk memahami tantangan yang dihadapi pengguna dalam mengelola data karyawan melalui sistem website lama yang sudah ada. Melalui pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna, peneliti dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan diubah dalam desain user interface aplikasi HRM mobile. Tahap berikutnya adalah identifikasi masalah, di mana tim sistem analis dan desainer bekerja sama dalam sesi brainstorming untuk menghasilkan ide-ide inovatif yang dapat mengatasi masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Dalam kolaborasi ini, pemangku kepentingan berbagi pemikiran dan pengalaman mereka untuk menciptakan solusi yang lebih baik. Ide-ide tersebut kemudian dikembangkan lebih lanjut dengan mempertimbangkan aspek teknis, estetika, dan kegunaan. Tahap ketiga adalah generasi ide, di mana tim desain menerjemahkan ide-ide tersebut menjadi desain visual konkret, seperti wireframe dan prototype aplikasi HRM mobile. Prototipe desain ini kemudian diuji dengan melibatkan sistem analis yang memberikan feedback tentang kegunaan dan kinerja aplikasi HRM mobile yang dirancang. Berdasarkan feedback dari pengujian tersebut, desain user interface diperbaiki dan dioptimalkan agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini adalah prototype desain user interface yang responsif, efisien, dan user-friendly untuk aplikasi HRM mobile. Desain ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan pengalaman pengguna dalam mengelola data karyawan melalui aplikasi HRM mobile. Penelitian ini memberikan wawasan praktis kepada PT. Hashmicro Solusi Indonesia dalam merancang user interface aplikasi HRM mobile yang lebih efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip desain terkini. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa metode Design Thinking adalah pendekatan yang bermanfaat dan relevan dalam merancang user interface yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan menerapkan pendekatan ini, perusahaan dapat menciptakan aplikasi HRM mobile yang memudahkan pengelolaan data karyawan dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desing thinking, HRM mobile application, user interface, prototype, in depth interview, user-friendly |
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 18:14 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 18:14 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29941 |
Actions (login required)
View Item |