DIBYANTORO, MAXIMUS SURYO (2023) PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI DENGAN METODE SWOT DI PRODUSEN TEMPE MURNI BU PAULUS MAGELANG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (MAXIMUS SURYO DIBYANTORO)
17 06 09221 0.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
17 06 09221 1.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
17 06 09221 2.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
17 06 09221 3.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text
17 06 09221 4.pdf Restricted to Registered users only Download (977kB) |
||
Text
17 06 09221 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
17 06 09221 6.pdf Download (593kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan produktivitas merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh oleh perusahaan. Produktivitas itu sendiri merupakan cerminan bagaimana performa perusahaan dalam melaksanakan kegiatan mereka. Terjadinya pandemi covid-19 pada tahun 2020 memberikan dampak kepada usaha Tempe Murni Bu Paulus dengan dampak yang dapat dirasakan secara langsung adalah menurunnya jumlah konsumen yang mana berimbas pada menurunnya jumlah produksi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan berbagai macam solusi yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dengan tidak mengabaikan keadaan usaha saat ini. Strategi peningkatkan produktivitas usaha diawali dengan menganalisis kondisi produktivitas usaha sebelum terjadi pandemic, ketika terjadi pandemi dan setelah pandemi berjalan. Strategi ini disusun dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait seperti pemilik usaha, pekerja produksi dan pekerja pembungkusan guna mengetahui kondisi usaha saat ini. Langkah selanjutnya pembuatan file pendukung berupa: perhitungan produktivitas Marvin E Mundel, perhitungan IFE-EFE dan pembuatan tabel SWOT. Setelah semua data didapatkan maka solusi dapat diperoleh dan usulan yang dipilih mengikuti besaran nilai dari IFE-EFE. Hasil usulan strategi peningkatan produktivitas usaha dengan metode Marvin E Mundel, metode IFE-EFE dan metode SWOT ini mendapatkan hasil berupa 2 jenis strategi yang berfokus pada produksi dan pemasaran. Strategi produksi berfokus kepada menggunakan kekuatan perusahaan guna mengantisipasi ancaman luar. Strategi pemasaran berfokus kepada mengunakan kesempatan sebagai peluang untuk memperbaiki kekurangan usaha. Hasil dari penyampaian strategi tersebut meningkatkan produktivitas perusahaan dengan tanda nilai lebih tinggi dari pada tahun dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | produktivitas, produksi, pemasaran, Marvin E Mundel, SWOT |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 18:46 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 18:46 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30094 |
Actions (login required)
View Item |