LUKITO, FILMA DEWI (2023) NGGIWAR SEBAGAI DIALOG KOMUNIKASI PENDIDIKAN PEMERDEKAAN YB MANGUNWIJAYA DALAM MEMEKARKAN DIRI ANAK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (FILMA DEWI LUKITO)
180906679 - 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
180906679 - 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
180906679 - 2.pdf Download (878kB) | Preview |
|
Text
180906679 - 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
180906679 - 4.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi berperan penting dalam pendidikan. Melalui komunikasi, proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Komunikasi harus bersifat dialogis dalam pendidikan dan melibatkan kolaborasi. Dialog merupakan inti dari komunikasi. Komunikasi dialogis jarang ditemukan dalam praktik pendidikan di Indonesia padahal implementasinya berhubungan dengan kualitas pendidikan. SD Eksperimental Mangunan menerapkan pembelajaran dengan komunikasi dialogis. Turut menggagas pendidikan pemerdekaan YB Mangunwijaya, SD Eksperimental Mangunan memunculkan nggiwar sebagai dialog. Dialog yang merupakan inti komunikasi memunculkan pendidikan sejati. Komunikasi menurut John Fiske digunakan untuk memudahkan peneliti melihat bagaimana dialog nggiwar ada dalam komunitas pemelajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif di mana peneliti mendeskripsikan penemuan data dari hasil wawancara mendalam dan observasi, dan dianalisis menggunakan teori dan konsep yang ditentukan. Penelitian ini membuktikan bahwa nggiwar sebagai dialog merupakan dialog terdesain dan menjadi gerak pendidikan pemerdekaan YB Mangunwijaya bersama serta mendukung pembelajaran yang dapat memekarkan diri anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Dialogis, Memekarkan Diri Anak, Nggiwar Sebagai Dialog, Pendidikan Pemerdekaan YB Mangunwijaya |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 17:17 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 17:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30575 |
Actions (login required)
View Item |