KESADARAN KLIEN TERKAIT SOLID WASTE MANAGEMENT MELALUI KAMPANYE RAPEL SEMARANG

NATALIE, LAUW, VANESSA IRENE (2023) KESADARAN KLIEN TERKAIT SOLID WASTE MANAGEMENT MELALUI KAMPANYE RAPEL SEMARANG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Lauw, Vanessa Irene Natalie)
180906686 - 0.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906686 - 1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906686 - 2.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
180906686 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img]
Preview
Text
180906686 - 4.pdf

Download (709kB) | Preview

Abstract

Kampanye komunikasi adalah suatu upaya yang bertujuan untuk menginformasikan, membujuk, meyakinkan, dan/atau memotivasi perubahan perilaku atau kebiasaan khalayak dalam jumlah besar yang sudah ditentukan sebelumnya, umumnya untuk manfaat nonkomersial bagi individu atau masyarakat, dilakukan dalam periode waktu tertentu, dengan sarana yang melibatkan media massa dan media interaktif (media online atau media digital) (Atkin & Rice, 2013). Tujuan kampanye adalah untuk memunculkan perubahan kognitif/pengetahuan, perubahan sikap, dan juga perubahan perilaku (Venus, 2004:10). Karena kampanye menjadi jembatan antara perubahan pengetahuan, sikap, dan tindakan nyata dalam menyikapi permasalahan lingkungan, maka sangat diperlukan partisipasi masyarakat seperti penerimaan, kredibilitas, dan keberlanjutan program lingkungan. Sehingga melalui berlangsungnya proses sosial dengan publik tersebut dapat membuat masyarakat meningkatkan kemampuan untuk menyikapi dan merespon fenomena lingkungan dengan tepat, salah satunya dilihat melalui kesadaran klien Rapel Semarang terhadap solid waste management. Mengacu pada tercapainya tujuan kampanye tersebut, penulis perlu menemukan data dari fakta yang ada di lapangan melalui para klien Rapel Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi yang memiliki tujuan untuk menganalisis kesadaran klien terkait solid waste management melalui adanya kampanye Rapel Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesadaran klien Rapel Semarang terkait solid waste management melalui kampanye yang ditunjukkan melalui unggahan di akun resmi Instagram @rapel_id yaitu “Pilah, Timbang, #RapelinAja”. Melalui penjelasan tersebut, kesadaran klien Rapel Semarang terhadap solid waste management dapat diidentifikasi melalui pengetahuan, sikap, dan tindakan nyata dari kampanye Rapel. Dengan tujuan untuk melihat bagaimana kesadaran klien yang menghasilkan dampak tertentu seperti misi yang dilakukan oleh Rapel. Penelitian ini dilakukan kepada 3 perwakilan klien Rapel Semarang yaitu klien individu, klien bisnis usaha, dan klien bank sampah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, kesadaran, solid waste management, Rapel
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2023 17:47
Last Modified: 23 Nov 2023 17:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30576

Actions (login required)

View Item View Item