STRATEGI KOMUNIKASI MUSEUM ARSIP MEREKAM KOTA II DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN MASYARAKAT KOTA KUPANG

MANDALA, GWYNETH ADINDA CHRISTIANI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI MUSEUM ARSIP MEREKAM KOTA II DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN MASYARAKAT KOTA KUPANG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GWYNETH ADINDA CHRISTIANI MANDALA)
190906849 - 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906849 - 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906849 - 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
190906849 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
190906849 - 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Museum arsip Merekam Kota merupakan salah satu museum di Kota Kupang. Museum arsip Merekam Kota telah dilaksanakan sebanyak dua kali yang pertama diadakan pada tahun 2020 dan yang kedua pada tahun 2022 di Kota Kupang. Museum ini diketahui hanya dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Dalam keberlangsungannya museum arsip Merekam Kota II perlu menyiapkan strategi komunikasi guna meningkatkan kunjungan masyarakat Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan, dengan menggunakan model tahapan 5 langkah oleh Hafied Cangara yakni mulai dari langkah pertama yaitu, riset penyebab atau melakukan penelitian untuk mengetahui masalah yang dihadapi. Langkah kedua, perencanaan adalah tindakan yang diambil setelah adanya hasil penelitian untuk kemudian melakukan perencanaan komunikasi. Langkah ketiga, pelaksanaan atau eksekusi adalah tindakan yang diambil dalam rangka implementasi perencanaan komunikasi yang telah dibuat. Keempat, pengukuran atau evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui hasil akhir dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Langkah kelima adalah laporan yang merupakan tindakan akhir dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Dengan menggunakan tahapan 5 langkah ini bertujuan untuk menjabarkan strategi komunikasi museum arsip Merekam Kota II dalam meningkatkan kunjungan Kota Kupang. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi komunikasi yang digunakan adalah optimalisasi media sosial dan terdapat beberapa aktivitas pendukung program komunikasi, diantaranya Merekam Kota Menyapa, Marsu BaTebak, Besong Su Tahu Ko?, dan Respon Publik. Dengan adanya optimalisasi media sosial diketahui terdapat peningkatan kunjungan masyarakat Kota Kupang pada museum arsip Merekam Kota II. Diketahui strategi komunikasi yakni mengoptimalisasi media sosial ini memenuhi target yang diharapkan yakni mendatangkan 3.232 pengunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : Museum, Strategi komunikasi, Media Sosial, 5 Langkah, Peningkatan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2023 21:40
Last Modified: 24 Nov 2023 21:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30616

Actions (login required)

View Item View Item