BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT SPORT TOURISM DI YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Event Mandiri Jogja Marathon 2023)

Hanarko, Marcellino (2024) BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT SPORT TOURISM DI YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Event Mandiri Jogja Marathon 2023). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Marcellino Hanarko)
180906677_Bab 0.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906677_Bab 1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
180906677_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
180906677_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img]
Preview
Text
180906677_Bab 4.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Sport tourism merupakan suatu konsep yang memadukan antara kegiatan olahraga dan wisata. Mandiri Jogja Marathon dengan memiliki jumlah peserta yang lebih banyak dibandingkan dengan event sports tourism serupa lainnya. Mandiri Jogja Marathon merupakan perlombaan lari berskala internasional yang digelar oleh Bank Mandiri dengan menggandeng iSPORT sebagai race organizer mengembangkan pariwisata dan perekonomian di Yogyakarta. Dari event tersebut, perlu adanya komunikasi pemasaran untuk menarik peserta dan bergabung dalam event sport tourism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran dalam meningkatkan sport tourism di Yogyakarta pada Event Mandiri Jogja Marathon 2023. Penelitian dilakukan dengan jenis studi kasus melalui pendekatan kualitatif dengan cara wawancara mendalam pada tiga informan baik dari pihak internal Pandu Bagus Buntaran sebagai race director dan Rencoko Ediarto sebagai business development director serta pihak eksternal Saskia Fika Ilmiyani sebagai peserta acara. Hasil wawancara kemudian dianalisis dengan model interaktif dan triangulasi untuk keabsahan data. Bentuk komunikasi pemasaran dalam meningkatkan sport tourism pada event Mandiri Jogja Marathon 2023 melalui berbagai cara, yaitu bekerja sama dengan KOL, pemaksimalan bentuk komunikasi pemasaran di media sosial yang melibatkan peserta, menunjukan hubungan pemasaran dengan sponsorship, dan meminimalisir tantangan dan risiko melalui proses komunikasi pemasaran. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan analisis kepuasan peserta yang lebih dalam, pengaruh media sosisal atau media yang paling efektif untuk komunikasi pemasaran dalam event sport tourism. Selain itu, saran praktis perlu mempertimbangkan makro KOL dan keaktifan media sosial maupun membuat paket wisata khusus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, sport tourism, Mandiri Jogja Marathon
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Jun 2024 20:14
Last Modified: 04 Jun 2024 20:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31766

Actions (login required)

View Item View Item