PROSES KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU KEPADA MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Kasus di SLB Negeri 1 Bantul)

Ebraw, Christine Coroline (2024) PROSES KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU KEPADA MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Kasus di SLB Negeri 1 Bantul). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Christine Coroline Ebraw)
190907038_Bab 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907038_Bab 1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
190907038_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
190907038_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
190907038_Bab 4.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Komunikasi dalam istilah pendidikan dikenal dengan komunikasi instruksional yang merupakan salah satu proses perjalanan pesan atau informasi yang mencakup peristiwa-peristiwa Pendidikan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas berfikir murid (komunikan) dalam situasi instruksional yang terkondisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi instruksional guru kepada murid berkebutuhan khusus sebagai pelaksanaan pembelajaran. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan pengamatan secara langsung ke SLB Negeri 1 Bantul. Sedangkan pada bagian analisis, peneliti menggunakan teori untuk membahasa data-data yang sudah diperoleh peneliti. Objek penlitian ini komunikasi instruksional di SLB Negeri 1 Bantul. Pelaksanaan dalam pembelajaran yang digunakan telah disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan disamapaikan, serta sudah melibatkan beberapa unsur-unsur pembelajaran dan komponen dalam komunikasi instruksional. Terlihat dari guru sebagai komunikator melakukan pemberian materi pelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media yang sesuai sebagai alat penunjang dalam pembelajaran dan diakhiri dengan memberikan pertanyaan/umpan balik dari murid sebagai komunikan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran, dikarenakan masih terdapat hambatan- hambatan pada komunikasi instruksional seperti hambatan pada komunikan. Guru mencoba untuk mengatasi hambatan tersebut dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada murid.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi Instruksional, SLB Negeri 1 Bantul.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Jun 2024 18:08
Last Modified: 06 Jun 2024 18:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31781

Actions (login required)

View Item View Item