ANALISIS PENGARUH PARKIR KENDARAAN PADA BADAN JALAN (ON-ROAD PARKING) TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN URIP SUMOHARJO YOGYAKARTA

Deta, Karlos Ishak (2019) ANALISIS PENGARUH PARKIR KENDARAAN PADA BADAN JALAN (ON-ROAD PARKING) TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN URIP SUMOHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Karlos Ishak Deta)
140215663_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215663_Bab 1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215663_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
140215663_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
140215663_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
140215663_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
140215663_Bab 6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta merupakan jalan dengan tipe Kolektor kelas II. Sepanjang Jalan Urip Sumoharjo merupakan daerah komersil dan pusat perdagangan. Sebagai kawasan perdagangan, kegiatan komersil mendominasi penggunaan lahan di sepanjang ruas jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta yaitu sebagai lahan parkir. Tingginya aktivitas di sepanjang ruas Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta menyebabkan volume kendaraan yang melintas tidak diimbangi dengan kapasitasjalan karena lajur lalu lintas berkurang akibat aktifitas parkir. Analisis Pengaruh Parkir pada Badan Jalan Urip Sumharjo dilakukan berdasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data lalu lintas diperoleb dari survey jumlah kendaraan dilapangan yang dilakukan dalam 3 sesi yaitu pada pukul 10.00-12.00, pukul 15.00-17.00 dan pukul 19.00-21.00 selama 2 hari (28 Oktober 2018 dan l November 2018) dan kemudian di analisis kinerja lalu lintasnya. Berdasarkan basil pengamatan dilapangan pada ruas Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta pada tahun 2018, Jalan urip Sumoharjo mengalami pengurangan lebar jalur lalulintas sebesar 6,5 meter akibat kegiatan parkir pada badan jalan. Kegiatan parkir yang tinggi membuat aktivitas lalulintas menjadi padat dan nilai hambatan samping menjadi lebih tinggi. Kegiatan parkir juga menyebabkan berkurangnya nilai kapasitas jalan dan kelas tingkat pelayanan jalan. Volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 3134 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 3205,862 smp/jam. Kecepatan arus bebas kendaraan (FV) sebesar 49,795 km/jam, frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 533,0 dengan kelas hambatan samping tinggi (H), derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,98 dengan kategori tingkat pelayanan yaitu kategori E yang dapat diartikan volumr arus lalu lintas mendekati/berada pada kapasitas arus tidak stabil, kecepatan kadang terhenti. Hal ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta memerlukan evaluasi untuk peningkatan kinerja dan pelayanan ruas jalan tersebut. Berdasarkan solusi pemecahan masalah yang dilakukan, menghilangkan parker pada salah sisi jalan dan membuat gedung parkir maka akan diperoleh volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 3134 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 4783,48 smp/jam. Derajat kejenuhan menjadi 0,63 dengan kategori tingkat pelayanan menjadi kategori C dengan keterangan Arns stabil tapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas. Pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memiliki kecepatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja ruas jalan, kecepatan tempuh, kapasitas, hambatan samping, derajat kejenuhan tingkat pelayanan, perkiraan peningkatan arus lalu lintas
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Jul 2024 15:49
Last Modified: 23 Jul 2024 15:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32029

Actions (login required)

View Item View Item