POLA KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DALAM KELUARGA BROKEN HOME (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 11 Ambon)

Leiwakabessy, Given Erly Nice (2024) POLA KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DALAM KELUARGA BROKEN HOME (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 11 Ambon). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Given Erly Nice Leiwakabessy)
190906866_Bab 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906866_Bab 1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906866_Bab 2.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
190906866_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906866_Bab 4.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan kelompok kecil di masyarakat yang dibangun atas dasar cinta. Broken home adalah kondisi keluarga yang tidak harmonis. Komunikasi keluarga merupakan bentuk kuasa yang dipegang oleh salah satu anggota keluarga. Elemen- elemen komunikasi meliputi, komunikator sebagai pengirim pesan, media yang digunakan untuk mengirimkan informasi, pesan atau informasi yang disampaikan, komunikan orang yang menerima pesan, umpan balik respons atas pesan yang diterima, dan noise adalah gangguan saat menerima maupun mengirim pesan Elemen komunikasi bila dikaitkan dengan komunikasi keluarga maka dipegang oleh orang tua sebagai komunikator untuk memberikan pendidikan moral yang baik kepada anak dari pola asuh, karena apa yang orang tua lakukan akan dilakukan pula oleh anak dengan begitu perilaku baik dari orang tua akan dicontohkan oleh anak yang akhirnya anak pun akan melakukan hal yang sama seperti yang orang tua lakukan. Penelitian ini ingin mengetahui pola komunikasi anak dan orang tua dalam keluarga broken home. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu untuk menjelaskan suatu hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menginterpretasikan fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode lain. Terdapat dua teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara mendalam semi terstruktur dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi, dan pola komunikasi sebagai teori utama, dan teori anak broken home untuk membantu peneliti untuk menyelesaikan penelitian. Hasil dari adanya penelitian adalah pola komunikasi yang dominan digunakan dalam penelitian ini adalah pola komunikasi konsensual dengan ciri keterbukaan. Anak terbuka dengan orang tua yang saat ini tinggal bersama dengan mereka membuat tidak adanya kesulitan komunikasi, akan tetapi untuk komunikasi anak dengan orang tua yang sudah berpisah dengan mereka tidak ada. Selain itu pola komunikasi majemuk dengan ciri komunikasi bersama, dan pola komunikasi protektif yang digunakan dalam penelitian ini, sedangkan untuk pola komunikasi laissez-faire tidak ditemukan dalam penelitian ini. Masing-masing keluarga menerapkan pola asuhan yang berbeda-beda tergantung apa yang dipercaya oleh orang tua dalam keluarga. Oleh karena itu, pola yang digunakan pun bisa sama bisa berbeda sesuai prioritas dan tujuan orang tua atau ayah dan ibu yang mengatur keluarga. Dengan demikian apapun pola komunikasi yang digunakan oleh masing- masing keluarga komunikasi harus tetap menjadi kunci utama hubungan yang baik antara orang tua dan anak yang membuat anak dengan mudah terbuka kepada orang tua, karena kenyamanan, waktu, dan cinta yang orang tua berikan bagi anak membuat anak merasa dihargai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Orang Tua, Anak, Broken Home
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 09 Aug 2024 17:29
Last Modified: 09 Aug 2024 17:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32119

Actions (login required)

View Item View Item