PENGARUH INTENSITAS TERPAAN KONTEN PROMOSI PERTANDINGAN DBL JOGJA TERHADAP MINAT BELI TIKET PERTANDINGAN OLEH FOLLOWERS INSTAGRAM @DBLJOGJA

Wicaksana, Andreas Rodrigo (2024) PENGARUH INTENSITAS TERPAAN KONTEN PROMOSI PERTANDINGAN DBL JOGJA TERHADAP MINAT BELI TIKET PERTANDINGAN OLEH FOLLOWERS INSTAGRAM @DBLJOGJA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Andreas Rodrigo Wicaksana)
190906960_Bab 0.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906960_Bab 1.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
190906960_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
190906960_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
190906960_Bab 4.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan konten promosi pertandingan @dbljogja antara MAN 1 Yogyakarta melawan SMA Kolese De Britto Yogyakarta terhadap minat beli tiket pertandingan oleh followers Instagram @dbljogja. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas maka peneliti ingin mengangkat rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Apakah terpaan konten promosi pertandingan pada akun @dbljogja berpengaruh terhadap minat untuk membeli tiket pertandingan oleh followers? Terpaan media adalah intensitas dalam posisi penerima sebuah pesan mendapatkan pesan- pesan yang didistribusikan oleh informan pada suatu media.Terpaan dapat didefinisikan sebagai suatu aktivitas mendengar, melihat, dan membaca suatu informasi serta mempunyai suatu pengalaman dan atensi terhadap suatu pesan yang dapat membuat impact terhadap informasi yang diterima(Ardianto, 2014, h..168). Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan 100 responden dari followers Instagram @dbljogja. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji pernyataan pada kuesioner adalah uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan dengan melakukan uji regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS Penelitian ini dilakukan guna memperoleh jawaban bagaimana pengaruh terpaan media konten promosi pertandingan pada akun Instagram @dbljogja terhadap minat membeli tiket oleh followers Instagram @dbljogja. Pada penelitian ini ditemukan bahwa H1 ditemukan valid yang artinya ada pengaruh positif secara signifkan yang terjadi di antara terpaan media pada konten promosi pertandingan MAN 1 Yogyakarta melawan SMA Kolese De Britto terhadap minat membeli tiket pertandingan oleh followers Instagram @dbljogja. Dapat diartikan bahwa terpaan konten yang diterima oleh followers Instagram @dbljogja secara terus-menerus menyebabkan minat untuk membeli tiket oleh followers Instagram @dbljogja semakin tinggi. Pengaruh yang terjadi dapat dilihat pada hasil pengujian regresi linear sederhana yang ada di dalam penelitian ini. Pada uji regresi linear sederhana menunjukan hasil koefisien regresi sebesar 0,878, dapat diartikan bahwa pengaruh variabel terpaan konten promosi pertandingan terhadap variabel minat membeli tiket terdapat pengaruh yang sangat kuat. Pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 66,4%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sebesar 33,6% sisanya adalah faktor pengaruh dari variabel yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media, Konten Promosi, Minat Membeli tiket, Instagram, followers
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Aug 2024 14:39
Last Modified: 12 Aug 2024 14:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32128

Actions (login required)

View Item View Item