ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MEDIA SOSIAL X REBRANDING TWITTER MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Kurniawan, Felix (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MEDIA SOSIAL X REBRANDING TWITTER MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Felix Kurniawan)
201710591_Bab 0.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710591_Bab 1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710591_Bab 2.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
201710591_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
201710591_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img]
Preview
Text
201710591_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada zaman teknologi dan internet yang mengalami kemajuan secara signifikan, aplikasi media sosial adalah salah satu teknologi dengan internet yang menghubungkan masyarakat dalam mengekspresikan diri, melakukan kolaborasi, dan menyebarkan serta memperoleh data informasi secara digital. Beberapa tahun belakangan ini, aplikasi media sosial Twitter menuai kontroversi akibat diakuisisi dan melakukan rebranding menjadi X dimana merupakan aplikasi microblogging yang memungkinkan penggunanya dalam mengunggah status atau opini terkait suatu objek atau fenomena, menyiarkan berita, periklanan, hingga isu politik. Sampai saat ini, X belum diketahui telah terbukti mampu memberikan kepuasan terhadap penggunanya dimana akan bermanfaat apabila hal tersebut dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kepuasan pengguna aplikasi media sosial X dengan End-User Computing Satisfaction (EUCS) sebagai teori dan model penelitian. Metodologi dari penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara deduktif untuk menguji dan memvalidasi teori sebelumnya dengan menyebarkannya ke berbagai media. Kemudian, data responden tersebut diolah dan dianalisa dengan bantuan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Pada akhir penelitian, hasil yang diperoleh adalah responden pengguna aplikasi media sosial X merasakan kepuasan yang cukup baik dimana setiap faktor dari EUCS yaitu konten, akurasi, tampilan, kemudahan penggunaan, serta ketepatan waktu secara signifikan dan parsial mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi media sosial X.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna; Media Sosial; X; Twitter, End User Computing Satisfaction (EUCS)
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Oct 2024 17:59
Last Modified: 21 Oct 2024 17:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32662

Actions (login required)

View Item View Item