Perancangan UI/UX Sistem Pengelolaan Agenda Surat dan Barang Cetak Berharga di PT POS Indonesia KCU Yogyakarta

Lestyanto, Juventius Andika Dwi (2024) Perancangan UI/UX Sistem Pengelolaan Agenda Surat dan Barang Cetak Berharga di PT POS Indonesia KCU Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.

[img] Text (Juventius Andika Dwi Lestyanto)
200710593_bab 0.pdf

Download (986kB)
[img] Text
200710593_bab 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
200710593_bab 2.pdf

Download (404kB)
[img] Text
200710593_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
200710593_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
200710593_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
200710593_bab 6.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam era digitalisasi, teknologi berperan penting dalam administrasi kantor, memberikan solusi efektif dalam pengelolaan dokumen dan surat menyurat yang sebelumnya dilakukan secara manual. Penerapan teknologi meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas kerja. Namun, masih banyak instansi yang menjalankan proses administrasi secara manual, termasuk PT POS Indonesia KCU Yogyakarta. Tantangan yang dihadapi oleh PT POS Indonesia KCU Yogyakarta yaitu pengelolaan surat dan barang cetak berharga, ditambah dengan kekurangan tenaga kerja di departemen SDM, menurunkan efisiensi operasional. Oleh karena dibutuhkan suatu sistem pengelolaan agenda surat dan barang cetak berharga, sehingga dapat meringankan beban kerja dari pihak departemen SDM, dan meningkatkan efisiensi dalam operasional Perusahaan. Penilitan dilakukan untuk merancang UI/UX sehingga menghasilkan rancangan sistem yang efisien, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna di PT POS Indonesia KCU Yogyakarta, dengan menggunakan metode user centered design. proses dalam perancangan melewati beberapa tahap yaitu, specify context of use, specify user and organizational requirements, produce design solution, dan evaluate design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perancangan UI/UX yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pengguna di PT POS Indonesia KCU Yogyakarta berhasil dibuat. Menggunakan metode User Centered Design (UCD), keterlibatan pengguna dalam setiap tahap proses, mulai dari wawancara hingga pembuatan prototipe untuk tiga peran utama (departemen lain, departemen SDM, dan admin), menghasilkan desain yang telah diuji melalui Usability Testing. Hasilnya menunjukkan antarmuka memiliki tingkat learnability yang baik, dengan success rate 81% pada departemen lain, 87% pada departemen SDM, dan 93% pada admin. Dari aspek efficiency, departemen lain mendapatkan 70%, SDM 75%, dan admin 91%. Aspek memorability menunjukkan nilai 86%, dengan tingkat errors sebesar 38% untuk departemen lain, 27% untuk SDM, dan 14% untuk admin. Kepuasan pengguna (satisfaction) diukur menggunakan metode SUS dengan skor 76, termasuk kategori grade B (good).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: user interface, user experience, user centered design, usability testing, system usability scale
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jan 2025 14:38
Last Modified: 03 Jan 2025 14:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33313

Actions (login required)

View Item View Item