PERANCANGAN UI/UX WEBSITE PROMOSI BATIK PASAR BERINGHARJO MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Gabianti, Archangela Ghiriani Dian Indah (2024) PERANCANGAN UI/UX WEBSITE PROMOSI BATIK PASAR BERINGHARJO MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.

[img] Text (ARCHANGELA GHIRIANI DIAN INDAH GABIANTI)
200710723_bab 0.pdf

Download (505kB)
[img] Text
200710723_bab 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
200710723_bab 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
200710723_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
200710723_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
200710723_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
200710723_bab 6.pdf

Download (3MB)

Abstract

Batik merupakan sebuah karya budaya dari warisan nenek moyang, yang mana batik sendiri memiliki nilai seni tinggi dengan corak serta tata letak warnanya yang khas dari suatu daerah, yang mana hal tersebut memiliki makna untuk menunjukkan identitas bangsa Indonesia. Salah satu kota yang memiliki budaya yang tinggi dalam penjualan batik yakni Yogyakarta. Dalam sistem kerja, khususnya kegiatan yang di lakukan oleh para pedagang batik yang ada di Yogyakarta, terkhusus pedagang batik yang ada di pasar Beringharjo masih menggunakan sistem manual dimana para pedagang batik belum memiliki wadah untuk mempromosikan penjualan mereka. Hal ini menyebabkan peningkatan jualan tidak stabil dan kurangnya perluasan terhadap pemasaran batik oleh pedagang yang menyebabkan perluasan penjualan tidak dapat tercapai ke masyarakat terlebih terhadap anak muda sehingga motif batik yang digunakan tidak dikenakan dengan benar. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka muncul ide untuk membuat sebuah perancangan antarmuka serta pengalaman pengguna untuk membantu promosi batik di pasar Beringharjo agar pedagang batik dapat memperluas pemasaran batik melalui platform website. Selain itu memperkenalkan motif batik Yogyakarta ke anak muda sehingga nilai budaya dari motif batik dapat bertahan dan dapat digunakan dengan benar. Penelitian ini menggunakan metode design thinking, dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu perancangan desain prototype diuji menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Dalam penyebaran kuesioner terdapat dua puluh enam pertanyaan yang disebarkan terhadap tiga puluh responden, diperoleh hasil untuk kategori attractiveness mendapat kategori excellent dengan nilai 2,29 dari rentang 2,00 hingga 2,66, perspicuity mendapat kategori excellent dengan nilai 2,21 dari rentang 1,77 hingga 2,50, ef iciency mendapat kategori excellent dengan nilai 2,13 dari rentang 1,88 hingga 2,45, dependability mendapat kategori excellent dengan nilai 2,12 dari rentang 1,70 hingga 2,45, stimulation mendapat kategori excellent dengan nilai 2,31 dari rentang 2,15 hingga 2,8, dan novelty mendapat kategori excellent dengan nilai 1,66 dari rentang 1,48 hingga 1,9

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Batik, Design Thinking, Website, User Experience Questionnaire
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Jan 2025 09:37
Last Modified: 06 Jan 2025 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33325

Actions (login required)

View Item View Item