Santana, Yohanes Renaldi Rio (2025) Analisis Faktor Penghambat Niat Guru Sekolah Dasar dalam Menggunakan Media Digital. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Yohanes Renaldi Rio Santana)
235312544_Bab 0.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
235312544_Bab 1.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
235312544_Bab 2.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
235312544_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
235312544_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
![]() |
Text
235312544_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
![]() |
Text
235312544_Bab 6.pdf Download (682kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat guru sekolah dasar di Provinsi D.I Yogyakarta dalam menggunakan media digital untuk pembelajaran. Fokusnya adalah pada hambatan seperti time risk, resistance to change, low top management support, dan low facilitating condition. Penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang dimodifikasi untuk memahami tantangan transformasi digital di bidang pendidikan. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang melibatkan 380 guru sekolah dasar di D.I Yogyakarta. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SPSS dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan dari media digital performance expectancy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat guru. Sebaliknya, time risk dan low top management support tidak berpengaruh signifikan. Namun, hasil dari moderasi usia menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari low top management support terhadap guru muda. Menariknya, resistance to change memiliki pengaruh positif signifikan, menunjukkan bahwa kebijakan institusional dapat memotivasi guru untuk menggunakan teknologi meskipun mereka resisten. Selain itu, kurangnya kondisi pendukung low facilitating condition berpengaruh negatif signifikan, menegaskan pentingnya dukungan teknis dan pelatihan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan menyesuaikan model UTAUT dalam konteks pendidikan dasar. Secara praktis, penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan pelatihan dan dukungan teknis untuk mendorong adopsi media digital oleh guru sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UTAUT, faktor penghambat, media digital, pendidikan dasar. |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 10:18 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 10:18 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |