Model Pengambilan Keputusan Pemilihan Buyer Komoditas Jagung dengan Faktor Ketidakpastian

Ginting, Alman Rizky Mulianta (2025) Model Pengambilan Keputusan Pemilihan Buyer Komoditas Jagung dengan Faktor Ketidakpastian. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Alman Rizky Mulianta Ginting)
215611589_Bab 0.pdf

Download (337kB)
[img] Text
215611589_Bab 1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
215611589_Bab 2.pdf

Download (543kB)
[img] Text
215611589_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
215611589_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
215611589_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
215611589_Bab 6.pdf

Download (429kB)

Abstract

Distribusi hasil pertanian, khususnya jagung, melibatkan petani sebagai pemasok, agen sebagai perantara, dan perusahaan pembeli biji jagung. Dalam konteks ini, agen memiliki peran strategis dalam memilih buyer yang memberikan harga beli optimal untuk memaksimalkan keuntungan. Namun, ketidakpastian dalam distribusi jagung, seperti fluktuasi harga dan persentase pengurangan harga, menciptakan tantangan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengambilan keputusan berbasis Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) dalam konteks buyer selection pada komoditas jagung. Studi kasus dilakukan di Kabupaten Tigabinanga, Sumatera Utara, dengan melibatkan lima kriteria utama: harga dasar, persentase pengurangan, biaya transportasi, harga pembelian, dan komitmen pembeli. Model ini dirancang untuk mengatasi tantangan ketidakpastian harga dan kualitas produk dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AHP dan FAHP menghasilkan peringkat yang serupa, dengan harga dasar menjadi kriteria paling dominan. Faktor ketidakpastian berhasil dimitigasi melalui pengalaman agen dalam distribusi jagung selama lebih dari 10 tahun. Oleh karena itu, penggunaan AHP sebagai metode yang lebih sederhana tetap dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan buyer selection pada komoditas jagung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembeli jagung, ketidakpastian, Analytical Hierarchy Process (AHP), Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)
Subjects: Magister Teknik Industri > Business Analytics
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Mar 2025 11:50
Last Modified: 03 Mar 2025 11:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33610

Actions (login required)

View Item View Item