PENERAPAN METODE TARGET COSTING PADA PT. MERAK MEKAR ABADI, KALIOSO, BOYOLALI

Vera, Yohana Tri (2013) PENERAPAN METODE TARGET COSTING PADA PT. MERAK MEKAR ABADI, KALIOSO, BOYOLALI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EA17603.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EA17603.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EA17603.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EA17603.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (Bab IV)
4EA17603.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EA17603.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode target costing dalam upaya meningkatkan volume penjualan dengan studi kasus pada PT. Merak Mekar Abadi, Kalioso, Boyolali. Produk PT. Merak Mekar Abadi yang akan diteliti adalah cup gelas ukuran 220ml. Data yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi pada data biaya produksi PT.Merak Mekar Abadi bulan Agustus - Oktober tahun 2012. Jenis penelitian dikategorikan sebagai penelitian studi kasus. Penelitian ini akan dilakukan di PT.Merak Mekar Abadi yang berlokasi di Jl. Jeron Raya No 168, Jeron, Kalioso, Boyolali selama 1 bulan yaitu pada bulan November 2012. Dalam penelitian ini data primer diperoleh langsung dari pengamatan lapangan dan wawancara dengan pemilik dan staff perusahaan. Data sekunder berupa dokumentasi pada bulan Agustus – Oktober 2012 mengenai perhitungan biaya produksi. Metode analisis data meliputi perhitungan biaya produksi dan penerapan target costing. Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui penerapan metode target costing, perusahaan dapat menekan biaya produksi hingga Rp 113.284,8 / box. Untuk dapat memenuhi target cost yang tersebut, penulis memberikan usulan berupa mengganti perlengkapan packing dengan yang lebih murah, mengurangi jumlah pekerja bagian sortir dan packing, mengganti tenaga kerja bagian crusher dengan sistem pekerja borongan, biaya bongkar bahan baku diganti dengan sistem pekerja borongan, membebankan biaya pengiriman barang pada konsumen dan biaya pemasaran dikeluarkan dari biaya overhead pabrik dan dibebankan sebagai biaya pemasaran per buah. Berdasarkan penerapan metode target costing perusahaan ini dapat menjual produk cup gelas ukuran 220ml dengan harga sebesar Rp 151.000,00 per unit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: informasi akuntansi manajemen, harga pokok produksi, target Costing
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Sep 2013 13:22
Last Modified: 24 Sep 2013 13:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item View Item