STUDI MENGENAI MODEL MOTIVASI KARYAWAN YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN KONSTRUKSI DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH

Prabangkoro, Justinus Hudaya (2006) STUDI MENGENAI MODEL MOTIVASI KARYAWAN YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN KONSTRUKSI DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTS01025.pdf

Download (844kB)
[img] Text (Bab I)
1MTS01025.pdf

Download (103kB)
[img] Text (Bab II)
2MTS01025.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Bab III)
3MTS01025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTS01025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (Bab V)
5MTS01025.pdf

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model motivasi karyawan pada perusahaan konstruksi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Penelitian ini mengacu pada teori-teori motivasi klasik dan penelitian terdahulu, Cox, R.F., Issa, R. and Frey A (2006) mengelompokkan konsep motivasi ke dalam empat bagian yaitu motivasi, motivasi melalui penentuan sasaran, kebutuhan karyawan, penghargaan/ insentif karyawan. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan nilai faktor motivasi yang terdapat dalam model antara perusahaan Kecil dan Non Kecil. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel responden di lingkup wilayah DIY dan JATENG. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Responden yang berhasil dijaring sejumlah 40 perusahaan yang terdiri dari 24 perusahaan dengan klasifikasi Kecil dan 16 perusahaan dengan klasifikasi Non Kecil. Tingkat jabatan karyawan yang ditinjau untuk penyebaran kuisioner yaitu manajer proyek, manajer lapangan dan supervisor. Untuk memperoleh faktor/ atribut dalam konsep model motivasi menggunakan analisis mean dan chi-square. Hasilnya menunjukkan untuk faktor/ atribut model yang diperoleh antara lain: mereka menjadi bagian dalam tim kerja, kenyamanan dan keamanan dalam tempat bekerja, perasaan menjadi bagian tim, kebutuhan akan status, keamanan bekerja dan kebutuhan makan, minurn, uang dan asuransi. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan nilai faktor motivasi yang terdapat dalam model antara perusahaan Kecil dan Non Kecil dipergunakan analisis uji T. Hasilnya nienunjukkan ada perbedaan nilai faktor motivasi yang terdapat dal,ana model antaraperusahaan Kecil dan Non Keci1.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model motivasi, konsep, analisis
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Sep 2015 09:25
Last Modified: 11 Sep 2015 09:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item