HERNITA, . (2008) ANALISIS KAPASITAS DAN PENGARUH PARKIR TERHADAP ARUS LALU LINTAS DI JALAN JENDRAL SUDIRMAN JAMBI (Studi Kasus Parkiran Pusat Perbelanjaan Jambi Prima Mall). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TS11145.pdf Download (326kB) |
|
Text (Bab I)
1TS11145.pdf Download (152kB) |
|
Text (Bab II)
2TS11145.pdf Download (234kB) |
|
Text (Bab III)
3TS11145.pdf Download (291kB) |
|
Text (Bab IV)
4TS11145.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text (Bab V)
5TS11145.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
|
Text (Bab VI)
6TS11145.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jambi Prima Mall merupakan pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Jendral Sudirman. Sebagai pusat perbelanjaan yang baru dibangun dan diresmikan pengoperasiannya tentu saja mengundang minat masyarakat untuk mendatanginya, hal ini merupakan konsekuensi positif dari adanya daya tarik yang diberikan Jambi Prima Mall untuk perkembangan kota Jambi, terutama perkembangan ekonomi yang memacu pertumbuhan pendapatan daerah. Konsekuensi lain yang ditimbulkan dengan adanya pusat perbelanjaan ini adalah kebutuhan akan areal parkir untuk kendaraan pribadi yang dipergunakan oleh para pengunjungnya. Kasus yang ingin diangkat pada penelitian ini adalah mengenai kapasitas dan kebutuhan ruang parkir di Jambi Prima Mall serta pengaruh yang ditimbulkan akibat kendaraan yang keluar-masuk lahan parkir Mall tersebut terhadap arus lalu lintas berdasarkan volume, kecepatan, dan kepadatan pada ruas Jalan Jendral Sudirman. Dalam penelitian diperoleh luas lahan parkir, untuk mobil sebesar 1875 m2 (150 kendaraan) dan sepeda motor sebesar 9932,37 m2 (622 kendaraan). Hasil analisis penelitian didapat akumulasi puncak terjadi pada hari Minggu, untuk mobil sebesar 176 kendaraan pada pukul 18.45-19.00 WIB dan sepeda motor sebesar 647 kendaraan pada pukul 17.45-18.00 WIB. Tingkat turn over terbesar untuk sepeda motor terjadi pada hari Minggu sore hingga malam hari sebesar 3,08 „l 3 kendaraan/petak parkir dan untuk mobil sebesar 7,25 „l 8 kendaraan/petak parkir. Indeks parkir untuk sepeda motor >100 % terjadi pada hari Minggu sore sebesar 104,02 %, untuk mobil >100 % terjadi pada hari Sabtu sore sebesar 115,33 % dan 117,34 % terjadi pada hari Minggu sore. Kapasitas lahan parkir yang tersedia tidak mampu menampung kendaraan pada jam puncak sehingga diperlukan alternatif solusi untuk pemecahan masalah yang ada yaitu dengan merubah pola parkir, penertiban parkir dengan menambah juru parkir dan rambu-rambu parkir sebagai panduan bagi pengguna lahan parkir, dan untuk antipasi beberapa tahun ke depan perlu penambahan lahan parkir baru yang lebih optimal yang dapat menampung kebutuhan kendaraan pengunjung. Derajat jenuh yang didapat dengan nilai 0,708 dan masih di bawah batas yang ditentukan dengan volume maksimum Q = 2088,05 smp/jam yang terjadi pada hari Sabtu sore pada pukul 16.00-17.00 WIB. Berdasarkan penelitian ruas Jalan Sudirman Jambi masih memadai dalam melayani kelancaran arus lalu lintas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | parkir, akumulasi, turn over, indeks parkir, volu lintas, kecepatan, derajat jenuh jalan.me, kapasitas, lalu. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 03 Nov 2015 09:57 |
Last Modified: | 03 Nov 2015 09:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8265 |
Actions (login required)
View Item |