Fernando, Ferdy (2016) PENGARUH MAKNA SIMBOLIK, MANFAAT FUNGSIONAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PALSU: UJI PERAN MORALITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MM02054.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
1MM02054.pdf Download (148kB) |
|
Text (Bab II)
2MM02054.pdf Download (257kB) |
|
Text (Bab III)
3MM02054.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Text (Bab IV)
4MM02054.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text (Bab V)
5MM02054.pdf Download (613kB) |
Abstract
Suatu merek pada gilirannya memberi tanda pada konsumen mengenai sumber produk tersebut, dan melindungi konsumen maupun produsen dari para kompetitor yang berusaha memberikan produk-produk yang tampak identik. Bagi konsumen, ekuitas merek dapat mempengaruhi rasa percaya diri konsumen dalam pengambilan keputusan. Dari aspek empirik, suatu merek dapat menyampaikan manfaat fungsional atau ulititarian dan manfaat simbolis atau expressive commponet. Faktor lain yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen adalah harga. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh makna simbolik dari suatu produk terhadap niat beli ulang konsumen pada produk merek palsu, menganalisis pengaruh manfaat fungsional dari suatu produk terhadap niat beli ulang konsumen pada produk merek palsu, menganalisis pengaruh harga terhadap niat beli ulang konsumen pada produk merek palsu, menganalisis pengaruh moralitas terhadap niat beli ulang konsumen pada produk merek palsu, serta menganalisis peranan moralitas dalam hubungan kausal makna simbolik, manfaat fungsional dan harga terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen pada produk merek palsu. Penelitian dilakukan pada konsumen yang membeli dan menggunakannya sendiri jam tangan merek palsu dalam periode enam bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna simbolik memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang konsumen pada produk merek palsu, sedangkan manfaat fungsional dan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang konsumen pada produk merek palsu. Hasil penelitian diketahui bahwa moralitas secara signifikan memoderasi (menurunkan) pengaruh makna simbolik dan harga terhadap niat pembelian ulang konsumen pada produk merek palsu. Moralitas tidak mampu memoderasi (menurunkan) pengaruh manfaat fungsional terhadap niat pembelian ulang konsumen pada produk merek palsu.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makna Simbolik, Makna Fungsional, Harga, Keputusan Pembelian, Peran Moralitas |
Subjects: | Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 Mar 2016 08:47 |
Last Modified: | 01 Mar 2016 08:56 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8869 |
Actions (login required)
View Item |