ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KARANGMOJO-SEMIN (Ruas Jalan Karangmojo-Semin Km 0.0 - 10 Km)

YUDHATAMA, BENNY PRIYA (2012) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KARANGMOJO-SEMIN (Ruas Jalan Karangmojo-Semin Km 0.0 - 10 Km). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS11554.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS11554.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS11554.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS11554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS11554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (Bab V)
5TS11554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS11554.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Karangmojo-Semin merupakan sektor jaringan transportasi jalan yang cukup padat dan ramai. Jumlah volume kendaraan yang lewat pada jam sibuk berdasar survei adalah 23.223 untuk motor, 4.324 untuk mobil, kendaraan berat sejumlah 472, dan untuk kendaraan tidak bermotor sebanyak 332. Transportasi darat dengan prasarana jalan raya merupakan prasarana transportasi yang saling terkait untuk melayani pergerakan lalu lintas manusia dan barang secara aman, nyaman, cepat dan ekonomis yang sangat besar menerima pengaruh adannya peningkatan taraf hidup. Dalam penelitian ini diperoleh data-data primer dari melakukan pengukuran pada kedaan fisik jalan, yang berupa lebar perkerasan, lebar bahu, rambu, kondisi perkerasan jalan, dan jumlah kendaraan yang lewat. Data sekunder didapat dari data-data yang ada pada POLRES Gunungkidul, Kantor Badan Pusat Statistik, DPU Bina Marga. Data kejadian kecelakaan dari tahun 2007, 2008, 2009, 2010, dan 2011, jumlah korban kecelakaan, jenis kelamin korban kecelakaan, umur korban kecelakaan, angka kecelakaan dan tipe tabrakan dari POLRES Gunungkidul, Data jumlah penduduk, Data Jumlah kepemilikan kendaraan didapat dari kantor Badan Pusat statistik, dan jumlah data jumlah kendaraan yang lewat dan faktor jalan lalu lintas harian rata-rata, dan data kondisi geometrik jalan didapat dari DPU Bina Marga.. Berdasarkan analisis data, lokasi black spot ada jalan Karangmojo-Semin Km 0.0 – Km 10 adalah Km 6 karena memiliki jumlah kecelakaan tertinggi yaitu 49 dalam waktu 5 tahun terakhir dengan tingkat kecelakaan 0,98. Kendaraan yang sering terlibat tabrakan adalah R2+R2(sepeda motor dengan sepeda motor), dan R4+R2 (mobil dengan sepeda motor) dengan tipe tabrakan tabrak depan dengan tabrak samping. Jalan Karangmojo-Semin merupakan jalan penghubung antar propinsi dengan dua jalur, kondisi permukaan menurun dan menyempit, dan permukaan jalan tidak merata aspalnya. Jika dilihat dari alinyemen vertikal dari arah Km 5 ke Km 6 kelandaian menurun, dan lebar perkerasan menyempit dapat menyebabkan pengendara kendraaan sering memacu kecepatan lebih sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Karena Jumlah kecelakaan pada Jalan Karangmojo-Semin km 0.0 – 10 termasuk meningkat di tiap tahunnya, maka jalan ini dikatakan kurang nyaman bagi pengendara kendaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecelakaan, volume lalu lintas, black spot
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 13:47
Last Modified: 06 May 2013 11:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item