PENGARUH GAYA HIDUP DAN DEMOGRAFI TERHADAP PREFERENSI BELANJA KONSUMEN DI PASAR BERINGHARJO

CHRISTINE, ELIAANTI (2016) PENGARUH GAYA HIDUP DAN DEMOGRAFI TERHADAP PREFERENSI BELANJA KONSUMEN DI PASAR BERINGHARJO. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM02141.pdf

Download (742kB)
[img] Text (Bab I)
1MM02141.pdf

Download (335kB)
[img] Text (Bab II)
2MM02141.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3MM02141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM02141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
5MM02141.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan menganalisis perbedaan gaya hidup terkait dengan aktivitas, minat, dan opini (AIO) terhadap preferensi belanja konsumen di Pasar Beringharjo, yang ditinjau dari faktor demografi (gender dan penghasilan). Uji validitas pada penelitan ini menggunakan Pearson Correlation dan Cronbach’s alpha untuk menguji reliabilitasnya. Selanjutnya, untuk analisis data menggunakan regresi berganda, uji beda independent sample t-test yang ditinjau berdasarkan gender, dan uji beda Anova yang ditinjau berdasarkan penghasilan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 163 responden. Dengan karakteristik responden yang dipilih adalah konsumen atau pengunjung Pasar Beringharjo yang dalam 2 minggu terakhir mengunjungi Pasar Beringharjo. Berdasarkan analisis regresi berganda yang telah dilakukan pada variabel aktivitas, minat, dan opini terhadap preferensi belanja konsumen menyimpulkan bahwa, variabel aktivitas tidak berpengaruh signifikan pada preferensi belanja konsumen. Sedangkan variabel minat dan opini berpengaruh signifikan pada preferensi belanja konsumen. Kemudian, hasil uji beda independent sample t-test yang ditinjau berdasarkan gender diketahui bahwa tidak ada perbedaan aktivitas, minat, opini dan preferensi belanja antara laki-laki dan perempuan yang berbelanja di Pasar Beringharjo. Untuk hasil uji beda Anova yang ditinjau berdasarkan penghasilan, juga menunjukkan tidak ada perbedaan aktivitas, minat, opini, dan preferensi belanja konsumen di Pasar Beringharjo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Preferensi Belanja, Gender, dan Penghasilan
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jun 2016 10:41
Last Modified: 17 Jun 2016 10:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item