PENGUKURAN PRODUKTIVITAS PT. SALAMA NUSANTARA DENGAN METODE AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER (APC)

SURYANINGRUM, DESY WULANDARI (2017) PENGUKURAN PRODUKTIVITAS PT. SALAMA NUSANTARA DENGAN METODE AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER (APC). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI069530.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
TI069531.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB II)
TI069532.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB III)
TI069533.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB IV)
TI069534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TI069535.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB VI)
TI069536.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB VII)
TI069537.pdf

Download (258kB)

Abstract

PT. Salama Nusantara adalah perusahan yang bergerak dibidang minuman herbal kering tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur indeks produktivitas produk teh dan produk non teh. Serta memberi usulan agar dapat merencanakan peningkatan produktivitas berdasarkan hasil pengukuran. Manfaat pengukuran produktivitas adalah membandingkan hasil pengukuran dengan produktivitas standar yang telah ditetapkan manajemen, melihat bagaimana perbaikan produktivitas telah terjadi dari waktu ke waktu dan membandingkan dengan produktivitas industri sejenis yang menghasilkan produk serupa. Metode yang akan digunakan untuk mengukur produktivitas produk teh dan produk non teh adalah metode American Productivtiy Center (APC). Output yang digunakan adalah data penjualan produk teh dan non teh serta harga jual produk pada periode yang diteliti. Input yang digunakan adalah input tenaga kerja, input material, input energi, input modal, input perawatan dan input total. Hasil yang diperoleh dari pengukuran produktivitas dengan metode APC. Perbandingan angka indeks produktivitas produk teh sebesar 0,9511 lebih rendah angka indeks produktivitas produk non teh sebesar 1,3914. Angka indeks produktivitas total produk non teh lebih tinggi daripada produk teh. Untuk menganalisa tingginya indeks produktivitas produk non teh karena output produk non teh pada periode 1 meningkat daripada periode 0 dan input yang dikeluarkan produk non teh menurun diikuti dengan turunnya output. Sedangkan angka indeks produktivitas total produk teh dibawah angka 1 karena penurunan output lebih besar daripada penurunan input. Usulan perbaikan untuk produk teh dan produk non teh adalah menaikkan penjualan produk teh dan non teh ke seluruh Indonesia. Serta meminjau lebih pada pemakainan bahan baku, melakukuan penghematan bahan baku seperti tidak membeli bahan baku utama dan pendukung berlebihan disesuaikan dengan output pada bulan sebelumnya dan membuat buku khusus untuk mencatat pembelian bahan baku setiap bulan, pencatatan pemakaian bahan baku dilakukan per hari dan mencatat produk yang jadi dan setengah jadi (sesuai alur proses produksi produk non teh).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minuman Herbal Kering Tradisional, Output, Input, Pengukuran Produktivitas, Indeks Produktivitas, APC, PT.Salama Nusantara
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Jan 2018 11:46
Last Modified: 10 Jan 2018 11:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item View Item