TINGKAT KEMENARIKAN KONTEN INFORMASI DAN VISUAL INSTAGRAM @INDO.FARM TERHADAP MINAT BELI PRODUK PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @INDO.FARM

MUWIRA, WILLIAM (2022) TINGKAT KEMENARIKAN KONTEN INFORMASI DAN VISUAL INSTAGRAM @INDO.FARM TERHADAP MINAT BELI PRODUK PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @INDO.FARM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WILLIAM MUWIRA)
180906704 0.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906704 1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906704 2.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
180906704 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img]
Preview
Text
180906704 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya penggunaan media sosial di Indonesia menjadi faktor utama dilakukannya penelitian ini. Terlebih pada pentingnya memahami bagaimana konten informasi dan visual yang menarik mampu meningkatkan minat beli produk followers Instagram @indo.farm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya tingkat kemenarikan pada konten informasi dan visual Instagram @indo.farm. Penelitian ini juga akan memahami secara lebih mendalam terkait dengan pengaruhnya terhadap minat beli produk pada followers Instagram @indo.farm. Penelitian ini akan menggunakan teori Uses and Gratification. Uses and Gratification merupakan teori yang membahas tentang bagaimana audiens dalam hal ini bersikap aktif dalam memilih hingga menggunakan media yang ada. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Katz, et al. (dalam West dan Turner, 2007). Pada dasarnya teori ini menekankan pada penggunaan media massa. Akan tetapi, berkembangnya zaman membuat teori ini dapat diadaptasikan pada media sosial, salah satunya Instagram. Penelitian ini pun dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif, yakni melakukan penyebaran kuesioner secara daring. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas, distribusi frekuensi, serta uji regresi linear berganda untuk memahami korelasi antar variabel yang ada. Hasil penelitian menunjukkan konten visual lebih menarik daripada konten informasi di Instagram @indo.farm. Meskipun demikian, konten informasi dan visual lebih menarik perhatian followers Instagram @indo.farm jika dikelola secara bersamaan di Instagram @indo.farm. Hal ini pun sebanding dengan meningkatnya minat beli produk followers Instagram @indo.farm. Terlebih pada mayoritas followers aktif merupakan perempuan yang berumur 22 tahun memiliki minat beli produk yang lebih dominan daripada laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, Tingkat Kemenarikan, Followers Instagram@indo.farm
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 29 Jul 2022 14:05
Last Modified: 29 Jul 2022 14:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27082

Actions (login required)

View Item View Item