IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. CIPTA SEDAYA DIGITAL INDONESIA (CSDI)

APRILINO, ALFINCENT (2023) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. CIPTA SEDAYA DIGITAL INDONESIA (CSDI). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ALFINCENT APRILINO)
180906718 0.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906718 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906718 2.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
180906718 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img]
Preview
Text
180906718 4.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman mendorong adanya perubahan-perubahan dalam kehidupan manusia. Perusahaan yang sudah berdiri dalam kurun waktu yang lama juga perlu melakukan adanya perubahan agar dapat beradaptasi dengan kehidupan masyarakat. Astra Credit Companies menjadi salah satu perusahaan yang mendirikan anak perusahaan baru untuk memenuhi perkembangan zaman dan memberikan pelayanan terbaik. PT. Cipta Sedaya Digital Indonesia (CSDI) merupakan anak perusahaan dari Astra Credit Companies. Hal ini mendorong adanya perbedaan budaya organisasi dan berakibat pada perbedaan iklim komunikasi organisasi di dalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat iklim komunikasi organisasi di PT. Cipta Sedaya Digital Indonesia (CSDI). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 205 responden yang merupakan karyawan PT. Cipta Sedaya Digital Indonesia (CSDI). Hasil penyebaran kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya dan dianalisis menggunakan analisis nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari iklim komunikasi organisasi di PT. Cipta Sedaya Digital Indonesia berada di angka 3,27 dan masuk dalam kategori nilai yang kuat. Dimensi dengan nilai rata-rata tertinggi diperoleh oleh dimensi penekanan tujuan kinerja tinggi dengan nilai rata-rata 3,35. Dimensi kedua dengan nilai rata-rata tertinggi diperoleh oleh dimensi kepercayaan, keyakinan, dan kredibilitas dengan 3,29. Dimensi dukungan berada di urutan ketiga nilai rata-rata tertinggi dengan 3,27. Dimensi dengan urutan keempat diperoleh oleh dimensi pembuatan keputusan partisipatif dengan 3,24 dan yang terakhir adalah dimensi keterbukaan dan ketulusan dengan nilai rata-rata 3,21.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklim komunikasi, Komunikasi organisasi, Organisasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 19 May 2023 19:52
Last Modified: 19 May 2023 19:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29057

Actions (login required)

View Item View Item