PENGARUH KREDIBILITAS NARASUMBER DALAM KONTEN VIDEO REKSADANA KANAL YOUTUBE RADITYA DIKA TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN GENERASI Z BERINVESTASI REKSADANA (Studi Eksplanatif pada Investor Generasi Z di Surakarta)

Nugraha, Yudha Setya (2023) PENGARUH KREDIBILITAS NARASUMBER DALAM KONTEN VIDEO REKSADANA KANAL YOUTUBE RADITYA DIKA TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN GENERASI Z BERINVESTASI REKSADANA (Studi Eksplanatif pada Investor Generasi Z di Surakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yudha Setya Nugraha)
180906506 0.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906506 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906506 2.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
180906506 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img]
Preview
Text
180906506 4.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2021 terjadi kenaikan jumlah investor reksadana yang signifikan di Indonesia. Tepatnya berada pada angka 115,41% dan 68% dikenali sebagai investor muda yang masih tergabung dalam kelompok umur Generasi Z. Kenaikan investor reksadana ini juga diikuti oleh bentuk investasi lain. Hal ini memicu tumbuhnya tren rekomendasi investasi oleh influencer dari berbagai macam media sosial terkait pengalaman investasinya. Salah satu influencer yang kerap membagikan pengalamannya berinvestasi reksadana adalah Raditya Dika lewat media sosialnya di Youtube. Raditya Dika sudah mulai aktif membagikan pengalaman investasinya sejak tahun 2019, tidak hanya pengalaman pribadi namun Raditya Dika juga sering mengundang narasumber lain, namun kenaikan jumlah investor dan kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi baru mulai terlihat pada saat pandemi Covid 19 melanda. Peningkatan investor ini didominasi oleh investor generasi Z yang mana memiliki beberapa isu seperti akses yang besar akan informasi dan sulitnya menyaring mana informasi yang benar. Kasuskasus investasi bodong seperti investasi forex Donny Salmanan dan Indra Kenz menjadi salah satu contoh maraknya kasus investasi bodong. Penelitian ini merupakan penelitian untuk menguji pengaruh dari narasumber konten video reksadana terhadap minat dan keputusan investor Generasi Z di kota Surakarta dalam berinvestasi reksadana dengan pola komunikasi persuasif sebagai variabel kontrol. Teori kredibilitas narasumber, AIDA sebagai pengukur minat dan pengambil keputusan serta pola komunikasi (central/peripheral) menjadi teori utama yang digunakan dalam mendukung penelitian ini. Pendektan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Metode peneltian yang digunakan adalah survei dengan kuisioner sebagai alat penghimpun data. Penulis mengambil 100 sampel dari total populasi di kota Surakarta dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil bahwa ternyata kredibilitas narasumber tidak memiliki pengaruh yang yang signifikan terhadap minat dan keputusan investor generasi Z di kota Surakarta untuk berinvestasi. Kredibilitas narasumber baru akan memiliki pengaruh yang lebih baik saat variabel kontrol yang digunakan yakni pola komunikasi persuasif ikut digunakan, namun pengaruhnya tetap tidak kuat. Dengan begitu Kredibilitas Narasumber tidak memiliki pengaruh yang kuat pada minat dan keputusan berinvestasi reksadana Generasi Z baik itu dengan atau tanpa variabel kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas narasumber, minat dan keputusan berinvestasi, generasi z dan pola komunikasi persuasif.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Oct 2023 17:05
Last Modified: 03 Oct 2023 17:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30077

Actions (login required)

View Item View Item