ANALISIS RESPONS NETIZEN PADA AKUN TWITTER @RAJAWALIINDO TERHADAP FORCE MAJEURE KONSER WESTLIFE “THE WILD DREAMS TOUR” 2022 (Analisis Isi Kuantitatif pada Media Sosial Twitter @RajawaliIndo)

HARDANI, KURNIA PUTRI (2023) ANALISIS RESPONS NETIZEN PADA AKUN TWITTER @RAJAWALIINDO TERHADAP FORCE MAJEURE KONSER WESTLIFE “THE WILD DREAMS TOUR” 2022 (Analisis Isi Kuantitatif pada Media Sosial Twitter @RajawaliIndo). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KURNIA PUTRI HARDANI)
190906858 - 0.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906858 - 1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906858 - 2.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
190906858 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img]
Preview
Text
190906858 - 4.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk etika komunikasi netizen pada force majeure konser Westlife “The Wild Dreams Tour” 2022. Boyband asal Irlandia tersebut menyelenggarakan konser tur dunia pada tanggal 2 Oktober 2022 di kawasan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Konser bertajuk “The Wild Dreams Tour All The Hits!” yang dilaksanakan Westlife ini dipromotori oleh Rajawali Indonesia. Namun sangat disayangkan, konser tur dunia tersebut mengecewakan banyak pihak karena force majeure yang memaksa LED serta lampu panggung harus dimatikan akibat hujan lebat yang mengguyur venue acara sehingga keempat personel Westlife harus tampil dalam panggung yang minim cahaya. Pada salah satu akun official media sosial Rajawali Indonesia yaitu Twitter, Rajawali Indonesia memberikan live update dan publikasi acara tur Westlife dan mendapatkan banyak komentar dari netizen. Kedua faktor terkait etika komunikasi dengan force majeure konser Westlife “The Wild Dreams Tour” 2022 All The Hits di Candi Prambanan menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan mengkategorikan standar etika komunikasi netizen yang ada di unggahan akun @RajawaliIndo pada 2 Oktober 2022 berupa kutipan tertulis dengan menggunakan teknik analisis isi dan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Peneliti mengolah data dengan menggunakan coding sheet terutama untuk bagian unit analisis fisik, sintaksis, referensial, dan tematik. Setelah pengumpulan data dengan menggunakan coding sheet, peneliti menggunakan bantuan program lunak SPSS untuk menghitung keabsahan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data yang terkumpul. Hasil dari penelitian ini ditemukan fakta bahwa komentar yang diunggah oleh netizen pada thread tweet akun @RajawaliIndo cenderung tidak beretika dengan beracuan pada kata-kata yang menggambarkan masing-masing indikator. Meskipun begitu, terdapat beberapa komentar yang masih memiliki etika seperti dengan memberikan saran, menunjukkan sisi religius, dan cenderung bersifat positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komentar Netizen, Twitter, Etika Komunikasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 28 Nov 2023 19:04
Last Modified: 28 Nov 2023 19:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item