Pengaruh Terpaan Konten Review Film pada Akun Movie Review by KEPIN HELMY (@kepinhelmy) di Media TikTok Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei pada Followers Akun TikTok @kepinhelmy)

Bakker, Barnesy (2023) Pengaruh Terpaan Konten Review Film pada Akun Movie Review by KEPIN HELMY (@kepinhelmy) di Media TikTok Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei pada Followers Akun TikTok @kepinhelmy). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Barnesy Bakker)
190906973 - 0.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906973 - 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906973 - 2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
190906973 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
190906973 - 4.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Perkembangan internet membuat seluruh hal yang terhubung dengan internet juga ikut berkembang pesat. Salah satu media sosial yang ikut berkembang adalah media sosial TikTok. Fitur-fitur yang disediakan mempermudah pengguna untuk dapat terus mengakses platform sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Salah satu konten dalam media sosial TikTok yang diminati oleh banyak orang adalah konten yang berisi review film atau karya sinematografi. Kemudahan fitur yang disediakan TikTok dan banyaknya konten review film dapat memberikan pengaruh pada intensitas menonton seseorang. Intensitas menonton ini dapat memberikan dampak yang diukur dalam 3 dimensi terpaan konten media. Terutama bagi pengguna TikTok yang dengan sengaja mengikuti akun yang khusus membuat konten review film. Dampak terpaan konten media dapat diukur dalam tiga dimensi yaitu frekuensi, durasi, dan atensi. Dalam penelitian ini dampak atau pengaruh yang diteliti adalah keputusan menonton film followers TikTok @kepinhelmy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh terpaan konten review film pada akun Movie Review by KEPIN HELMY (@kepinhelmy) di media sosial TikTok terhadap keputusan menonton film followers. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian berjumlah 400 orang dari followers atau pengikut @kepinhelmy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif dan menggunakan uji korelasi dan uji regresi linear sederhana untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Dari hasil olah data penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh variabel terpaan konten terhadap keputusan menonton followers yang signifikan dan positif. Lalu, terpaan konten review film bukan satu-satunya variabel yang dapat mempengaruhi keputusan menonton film followers. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa terpaan konten review film memberikan pengaruh sebesar 38,3% terhadap keputusan menonton film followers, sedangkan 61,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Konten, Keputusan Menonton, Review Film
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 22:24
Last Modified: 30 Nov 2023 22:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30725

Actions (login required)

View Item View Item