FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI DI .this/PLAY STUDIO JAKARTA

MAHENDRA, HEUGO PRASETYO GILANG (2023) FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI DI .this/PLAY STUDIO JAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HEUGO PRASETYO GILANG MAHENDRA)
180906709 0.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906709 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906709 2.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
180906709 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
180906709 4.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan kegiatan dasar manusia, dan proses komunikasi pada dasarnya ialah penyampaian pesan atau suatu pikiran dan perasaan oleh seorang (komunikator) kepada khalayak lain (komunikan). Pentingnya Komunikasi tidak dapat dipungkiri begitu pula dengan organisasi. Keberhasilan organisasi mencapai tujuan sangat bergantung pada komunikasi yang digunakan dalam kepemimpinan perusahaan untuk menghimpun aktivitas yang dilakukan di antara orang yang terlibat dalam perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam mengobservasi fungsi komunikasi organisasi di kantor ".this/PLAY Studio Jakarta" setelah penerapan standar operasional prosedur dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan observasional. Penelitian ini akan dilakukan di Kantor .this/PLAY Studio Jakarta. Lokasi penelitian ini dipilih karena merupakan tempat penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam proses komunikasi organisasi. Selain itu lokasi penelitian ini dipilih karena lokasi tersebut juga tempat peneliti bekerja sehingga dengan hubungan tersebut penelitian ini dapat lebih mudah untuk mengakses data yang lengkap, akurat. Guna menghemat waktu penelitian, maka peneliti akan mengambil satu orang perwakilan dari setiap divisi di kantor .this/PLAY dan juga pemilik kantor .this/PLAY. Terdapat 5 divisi yang ada yaitu, manajerial, art handler, desain, finance, project manager.Hasil ini juga sesuai dengan jurnal Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit (Taufiq, 2019, h. 63) bahwa SOP sebagai alat penilaian kinerja yang berorientasi pada penilaian koordinasi, informasi dan pengambilan keputusan, pemahaman tujuan, dan keterlibatan karyawan terutama dalam hal kejelasan proses komunikasi dan pekerjaan di lingkungan organisasi termasuk unit kerja yang bertanggungjawab. Terlihat dalam empat aspek utama proses komunikasi organisasi dievaluasi, yaitu koordinasi, informasi dan pengambilan keputusan, pemahaman tujuan, dan keterlibatan karyawan. penelitian ini mengkonfirmasi bahwa penerapan SOP telah berdampak positif pada proses komunikasi organisasi di kantor .this/PLAY Jakarta. Hal ini membantu organisasi dalam mencapai efisiensi yang lebih baik, meningkatkan pengambilan keputusan, memperkuat pemahaman tujuan, dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi oganisasi,proses komunikasi organisasi, penerapan SOP
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 13 Feb 2024 21:22
Last Modified: 13 Feb 2024 21:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31033

Actions (login required)

View Item View Item