Prabowo, Setyo Aji (2021) Iklim Komunikasi Organisasi PT. Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (SETYO AJI PRABOWO)
14 09 05271 1.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
14 09 05271 2.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
14 09 05271 3.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text
14 09 05271 4.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
|
Text
14 09 05271 5.pdf Download (743kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Iklim Komunikasi Organisasi PT. Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi organisasi, komunikasi internal, dan iklim komunikasi organisasi. Iklim organisasi yang diartikan sebagai sebagai serangkaian karakteristik yang menggambarkan organisasi, membedakannya dari organisais lain yang secara relatif terjadi sepanjang masa dan dapat memengaruhi perilaku para anggota organisasi diukur berdasarkan enam dimensi yang membangunnya, yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, dan perhatian pada tujuan berkinerja tinggi. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif deskriptif dengan metode survei melalui kuesioner. Sample terpilih sebanyak 76 orang yang terdiri dari top management, middle management, low management serta karyawan PT. Taman Wisata Candi (TWC). Berdasarkan hasil pengujian validitas dan reliabilitas seluruh instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan iklim komunikasi organisasi adalah kondusif dengan nilai raa-rata 3,36 (Cukup Baik), indikator pembuatan keputusan bersama, kejujuran, dan keterbukaan dalam komunikasi ke bawah mendapatkan predikat Baik sehingga perlu dipertahankan, sedangkan indikator kepercayaan, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, dan perhatian pada tujuan berkinerja tinggi mendapatkan predikat Cukup Baik sehingga perlu ada evaluasi lanjutan terkait hal tersebut. Dalam penelitian ini terdapat temuan nilai keseluruhan dari indikator yang memiliki rata-rata tertinggi adalah kejujuran, yaitu sebesar 4,12, dan termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa baik atasan maupun bawahan yang bekerja di PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menjunjung perilaku jujur dalam pekerjaannya, serta tujuan yang hendak dicapai organisasi bersama-sama. Indikator yang memiliki rata-rata terendah adalah mendengarkan dalam komunikasi ke atas, yaitu sebesar 2,61, dan termasuk dalam kategori cukup baik. Nilai ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi yang tercipta cukup dapat memengaruhi persepsi sumber daya manusianya untuk dapat menjalankan aktivitas komunikasi yang terjalin antara atasan dengan bawahan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklim Komunikasi Organisasi, Komunikasi Organisasi, Persepsi, Anggota Komunikasi Organisasi |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 10:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 10:39 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25004 |
Actions (login required)
View Item |