Pengaruh Intensitas Menonton Konten Tiktok terhadap Tingkat Kreativitas pada Mahasiswa di Yogyakarta

Pratama, Imanen Yehu Tandi (2021) Pengaruh Intensitas Menonton Konten Tiktok terhadap Tingkat Kreativitas pada Mahasiswa di Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Imanen Yehu Tandi Pratama)
16 090 6042 1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 090 6042 2.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 090 6042 3.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
16 090 6042 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
16 090 6042 5.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Aplikasi Tiktok ini termasuk kedalam jaringan sosial yang merupakan platform berbasis video musik. Tiktok memiliki beragam fitur-fitur menarik yang diharapkan mampu memfasilitasi kreatifitas dari para penggunanya. Beberapa fitur yang terdapat dalam Tiktok antara lain seperti penggunaan musik, sticker, effect, filter, dan voice changer function. Hingga akhir tahun 2018 lalu, pengguna Tiktok di Indonesia mencapai lebih dari 10 juta pengguna aktif Pengguna Tiktok sekitar kurang lebih 50% remaja di Indonesia memilih aplikasi Tiktok untuk mengekspresikan kekreatifan mereka. Penggunaan media Tiktok tersebut juga tidak lepas dari langkah produktivitas konten yang ingin diunggah oleh para penggunan aplikasi tersebut. Kebutuhan akan sumber refrensi tersedia pada konten-konten yang ada di Tiktok. Konsumsi media yang dilakukan oleh para penggunanya memunculkan peluang adanya efek media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yang bertujuan untuk melihat pengaruh intensitas menonton konten Tiktok terhadap tingkat kreativitas penggunanya. Sehingga dapat diketahui besarnya pengaruh intensitas menonton konten Tiktok terhadap tingkat kreativitas penggunanya. Hasil akhir penelitian ini mengungkapkan bahwa intensitas menonton konten Tiktok memiliki pengaruh terhadap tingkat kreativitas penggunanya, dan didukung oleh frekuensi ajakan teman untuk bermain Tiktok. Frekuensi ajakan teman mampu meningkatkan pengaruh yang ada. Menonton konten yang ada pada Tiktok dapat dikatakan mampu memicu kreativitas dari penggunanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tiktok, Efek Media, Kreativitas.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2021 11:29
Last Modified: 11 Nov 2021 11:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25287

Actions (login required)

View Item View Item