PENGARUH KUALITAS KONTEN TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS INSTAGRAM @TRANSFORME.ID

SWASTIKA, I GUSTI AYU DHEA GAYATRI PUTRI (2022) PENGARUH KUALITAS KONTEN TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS INSTAGRAM @TRANSFORME.ID. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (I GUSTI AYU DHEA GAYATRI PUTRI SWASTIKA)
180906590 0.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906590 1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906590 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
180906590 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
180906590 4.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Alam (2021) menjelaskan 2020 merupakan tahun munculnya Covid-19 di Indonesia. Selain itu, Silitonga (2020) juga menjelaskan bahwa dampak dari pandemi ini adanya resesi ekonomi yang berpotensi tidak mampu dihindari yang berarti akan menurunnya daya beli hingga merosotnya kepercayaan. Seiringnya muncul pandemi penggunaan media sosial justru meningkat dan juga berdampak pada akun Instagram @transforme.id. Berdirinya TransforMe di masa pandemi, justru perusaahaan ini mendapatkan peningkatan jumlah pengikut dan jangkauan melalui Instagramnya. Pada penelitian ini peneliti akan melihat seberapa besar kualitas konten mampu mempengaruhi minat beli dari para pengikutnya karena Instagram yang menjadi alat promosi utama untuk TransforMe dan identik dalam menunjukkan konten pada platformnya Adapun penelitian ini merupakan penelitan dengan jenis kuanitatif dan metode pada penelitian ini menggunakan metode survei dan responden dari penelitian ini adalah pengikut dari Instagram TransforMe. Data yang didapat nantinya akan diuji validitas dan reliablitasnya lalu dianalisis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi sederhana. Melalui kuesioner yang diberikan, instrument penelitian merupakan instrumen yang valid dan reliable. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji korelasi pada Variabel Kualitas Konten (X) terhadap Variabel Minat Beli (Y) yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,600. Pada analisis regresi melalui tabel model summary ditemukan nilai R Square sebesar 0,359 dimana sumbangan variabel kualitas konten dalam mempengaruhi variabel minat beli adalah sebesar 35,9%. Saran pada penelitian ini adalah nilai sumbangan 35,9% mempengaruhi minat beli dan 64,1% dipengaruhi variabel lain yang nantinya dapat dilihat melalui penelitan selanjutnya. Selain itu kualitas konten yang diberikan melalui Instagram memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dari pengikutnya. Akan lebih baik jika TransforMe mulai memperhatikan strategi dalam pembuatan kontennya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Konten, Minat Beli, Instagram.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 14 Nov 2022 11:55
Last Modified: 14 Nov 2022 11:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27905

Actions (login required)

View Item View Item