Korelasi Antara EPIC Kampanye #AkuInvestorSaham dari BEI dengan Minat Beli Saham Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta

Chandra, Dion (2024) Korelasi Antara EPIC Kampanye #AkuInvestorSaham dari BEI dengan Minat Beli Saham Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Dion Chandra)
180906653 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906653 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906653 2.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text
180906653 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906653 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, akses untuk mendapatkan informasi menjadi semakin mudah didapat, hal tersebut menimbulkan beberapa fenomena di mana salah satunya adalah para mahasiswa yang melakukan investasi di pasar modal hanya karena ikut-ikutan teman dan pada akhirnya mengalami kerugian dan berhenti dalam berinvestasi di pasar modal. BEI merupakan pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana, untuk mempertemukan penawaran jual dan beli saham dari pihak-pihak yang ingin memperdagangkan saham tersebut di Indonesia. BEI tentunya ingin menciptakan kondisi di mana anak-anak muda dapat berinvestasi saham secara dini, namun hal tersebut sering kali belum dapat tercapai karena minimnya anak-anak muda yang mendapat akses tentang informasi cara berinvestasi saham yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara epic kampanye #akuinvestorsaham BEI dengan minat beli saham mahasiswa prodi ilmu komunikasi Atma Jaya Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah teori Emphaty, Persuasion, Impact and Communications (EPIC). Penelitian ini memiliki jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik uji korelasi. Hasil penelitian menemukan bahwa adanya korelasi dari pemasaran informasi digital dari BEI dengan minat beli saham mahasiswa prodi ilmu komunikasi Atma Jaya Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi antara pemasaran informasi dari BEI (variabel X) dengan Minat Beli (variabel Y) sebesar 0,995 atau 99,5%. Hipotesis yang diajukan tidak diterima dengan dibuktikan nilai korelasi diatas 0,90 yaitu sangat tinggi, berkebalikan dengan hipotesis yang menyatakan bahwa tidak ada korelasi antar variabel

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Saham, Emphaty, Komunikasi Pemasaran Digital, Persuasion, Impact, Communication, Minat Beli
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 13 Feb 2024 20:51
Last Modified: 13 Feb 2024 20:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31032

Actions (login required)

View Item View Item