PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR NCT DREAM DI MEDIA SOSIAL X (Studi Deskriptif Kualitatif pada Penggemar NCT DREAM di Media Sosial X)

Ariyanto, Maretha Rizky (2024) PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR NCT DREAM DI MEDIA SOSIAL X (Studi Deskriptif Kualitatif pada Penggemar NCT DREAM di Media Sosial X). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Maretha Rizky Ariyanto)
170906197_Bab 0.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906197_Bab 1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906197_Bab 2.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
170906197_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906197_Bab 4.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Antusiasme penggemar Korean Pop atau yang biasa disingkat dengan K- Pop di Indonesia merupakan sebuah loyalitas yang dikatakan sangat tinggi, bahkan melebihi negara asal K-Pop sendiri, Korea Selatan (Ayunita, 2018). Hal ini diakibatkan oleh fenomena yang disebut dengan gelombang Korea yang disebarkan melalui media. Salah satu bukti antusiasme penggemar K-Pop adalah dengan dibentuknya fanbase pada media sosial X. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perilaku komunikasi followers fanbase NCT Dream bernama NCTDreamINA di media sosial X. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai perilaku komunikasi terbuka dalam berinteraksi menggunakan komunikasi verbal dan non verbal yang diterapkan melalui media sosial X khususnya pada akun fanbase. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi terbuka oleh Paramita, S. (2014) dan komunikasi verbal dan non verbal oleh Mardana dkk. (2018). Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan penggemar yang merupakan followers fanbase NCTDreamINA di X menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi secara online yang diambil dari media sosial X. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku komunikasi yang dilakukan oleh penggemar antara lain memberi dukungan pada idol-nya dengan melakukan komunikasi terbuka seperti melalui gaya/style, mengikuti gaya hidup idol-nya, mempelajari dan mendalami bahasa idol-nya, melakukan pembelian merchandise, dan memberikan dukungan kepada idol-nya melalui media sosial. Untuk komunikasi verbal penggemar melakukan diskusi, dan untuk komunikasi non verbalnya adalah dengan menggunakan emoji yang identik dengan idol-nya. Motivasi penggemar dalam menggunakan media sosial X adalah untuk mendapatkan informasi tentang NCT Dream lebh cepat dan up-to-date.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Fanbase, K-Pop, Media Sosial X.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Aug 2024 17:26
Last Modified: 07 Aug 2024 17:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32072

Actions (login required)

View Item View Item