PENGARUH KREDIBILITAS KIKI AULIA UCUP SEBAGAI DIREKTUR PROMOTOR BOSS CREATOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET EARLY BIRD PESTAPORA 2024 (Studi Eksplanatif pada Pengikut Akun Instagram @pestapora)

Adam, Athano Briliant Humphrey (2024) PENGARUH KREDIBILITAS KIKI AULIA UCUP SEBAGAI DIREKTUR PROMOTOR BOSS CREATOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET EARLY BIRD PESTAPORA 2024 (Studi Eksplanatif pada Pengikut Akun Instagram @pestapora). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Athano Briliant Humphrey Adam)
170906426_Bab 0.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906426_Bab 1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906426_Bab 2.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
170906426_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
170906426_Bab 4.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas Kiki Aulia Ucup sebagai Direktur Promotor Boss Creator terhadap keputusan pembelian tiket early bird Pestapora 2024. Kredibilitas seorang promotor acara merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi minat dan keputusan konsumen dalam membeli tiket. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada followers Instagram @pestapora yang pernah melihat gambar di TVC 2023 “Kata Mas Ucup Tiket Pestapora 2024 udah dijual tanggal 1 Okt” . Kredibilitas dalam penelitian ini digunakan untuk melihat seorang Kiki Aulia Ucup sebagai Direktur Promosi Boss Creator melalui tiga indikator yakni keahlian, kepercayaan, dan daya tarik yang dimilikinya (Rakhmat, 2005). Sementara keputusan pembelian dilihat melalui 5 indikator menurut Kotler & Armstrong (2006), diantaranya adalah pemilihan produk, pemilihan distributor (penyalur), waktu pembelian, jumlah pembelian, dan metode pembelian. Maka dari itu, konsep dasar penelitian ini adalah kredibilitas Kiki Aulia Ucup menjadi faktor pengaruh pada keputusan pembelian tiket early bird Pestapora 2024. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan 100 responden dari followers Instagram @pestapora. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji pernyataan pada kuesioner adalah uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan dengan melakukan uji regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa semakin tinggi kredibilitas Kiki Aulia Ucup sebagai Direktur Promosi Boss Creator dipandang oleh followers, maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian tiket early bird Pestapora 2024 oleh followers Instagram @pestapora. Pengaruh yang diberikan sebesar 75,4% dan hubungan pengaruh yang terbentuk adalah signifikan, satu arah, dan sangat kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Keputusan Pembelian, Followers, Pestapora, Kiki Aulia Ucup
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Aug 2024 17:56
Last Modified: 07 Aug 2024 17:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32076

Actions (login required)

View Item View Item