STRATEGI PEMBENTUKAN CITRA MELALUI IDENTITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Holy Grounds Coffee & Community dalam membentuk Citra The First Christian Coffee Shop in Indonesia)

Dianida, Michaella Naftalia Vanessadinda Riski (2024) STRATEGI PEMBENTUKAN CITRA MELALUI IDENTITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Holy Grounds Coffee & Community dalam membentuk Citra The First Christian Coffee Shop in Indonesia). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Michaella Naftalia Vanessadinda Riski Dianida)
170906459_Bab 0.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906459_Bab 1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906459_Bab 2.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
170906459_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img]
Preview
Text
170906459_Bab 4.pdf

Download (958kB) | Preview

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan kota yang dikenal sebagai kota wisata dan kota pelajar di Indonesia. Salah Satu trend bisnis yang saat ini banyak digemari anak muda adalah Coffe Shop yang saat ini mengalami peningkatan di Yogyakarta. Peningkatan Coffe Shop ini, menimbulkan persaingan yang terjadi diantara coffe shop yang ada di Yogyakarta untuk membentuk kesan positif pada publik. Untuk dapat bertahan ditengah persaingan bisnis yang ada, banyak coffe shop yang memilih untuk bersaing dengan menonjolkan identitasnya sebagai coffe shop yang memiliki ciri khas dan keunikan dari coffe shop lainnya untuk membangun citra yang positif. Identitas perusahaan dapat menjadi media komunikasi yang baik bagi coffe shop untuk menyampaikan pesan perusahaan kepada target pasar dengan membuat strategi pembentukan citra sesuai dengan yang diinginkan oleh coffe shop itu sendiri.Holy Grounds Coffee & Community merupakan salah satu Coffe Shop yang saat ini berdiri ditengah persaingan Coffe Shop di Yogyakarta, yang menggunakan identitas perusahaan sebagai strategi pembentukan citra Holy Grounds Coffee & Community. Oleh karen itu, topik penelitian ini mengenai Strategi pembentukan citra Holy Grounds Coffee & Community sebagai The First Christian Coffee Shop in Indonesia melalui identitas perusahaan. Dalam pelaksanaan strategi membentuk citra perushaan, Holy Grounds Coffee & Community menggunakan media sosial Instagram dan WhatsApp dalam menyampaikan pesan kepada target pasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan dua narasumber yang terlibat secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi strategi pembentukan citra yang dilakukan oleh Holy Grounds Coffee & Community dan menguasai terkait dengan identitas perusahaan yang digunakan oleh Holy Grounds Coffee & Community dalam menyampaikan pesan kepada target pasar sesuai dengan tujuan dari Holy Grounds Coffee & Community untuk menjadi Café Kristen yang mewadahi perkumpulan orang-orang kristen dari golongan apapun untuk dapat melebur jadi satu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembentukan citra Holy Grounds Coffee & Community sebagai The First Christian Coffee Shop in Indonesia melalui identitas perusahaan masih belum berjalan secara efektif, namun secara keseluruhan sudah sesuai dengan tujuan yang dicapai oleh Holy Grounds Coffee & Community. Dalam perencanaannya Holy Grounds Coffee & Community menggunakan identitas perusahaan yang dimiliki, melakukan perencanaan strategi yang sesuai dengan identitas yang dimiliki, menjalankan strategi yang telah direncanakan dengan memberikan promo di hari besar kristen, promo membership, dan membuat kegiatan live music dengan berkolaborasi dengan mahasiswa kristen dan gereja kristen yang ada di Yogyakarta, untuk memberikan informasi tersebut, Holy Grounds Coffee & Community menggunakan media sosial instagram dan WhatsApp, dan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap feedback yang diberikan customer baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa diantaranya memberikan respon secara langsung dan memberikan rating di google maps. Kegiatan strategi pembentukan citra dalam bentuk promo dan kegiatan live music rohani ini akan terus dilakukan oleh Holy Grounds Coffee & Community untuk membentuk citra yang diharapkan oleh Holy Grounds Coffee & Community.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembentukan Citra, Identitas Perusahaan
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Aug 2024 16:48
Last Modified: 08 Aug 2024 16:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32091

Actions (login required)

View Item View Item