Ismawan, Dedi Hendra (2013) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL DI YOGYAKARTA PENDEKATAN DESAIN UANG INTERAKTIF SEBAGAI WADAH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SEMANGAT BERPRESTASI. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA11228.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA11228.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA11228.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA11228.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (Bab IV)
4TA11228.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab V)
5TA11228.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TA11228.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
Sekolah Standar Nasional (SSN) adalah sekolah yang sudah atau hampir memenuhi Standar Nasional pendidikan (SNP), yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar manajemen, standar pembiayaan dan standar penilaian. Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimal tentang berbagai aspek yang relevan dalam pelaksanaan sistem pendidikan nasional yang harus dipenuhi oleh penyelenggara dan atau satuan pendidikan yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan tersebut mencakup standar isi, tenaga kependidikan, sarana-prasarana, pembiayaan, proses pendidikan, proses pengelolaan, penilaian dan kompetensi lulusan. Dalam kerangka itu, direktorat pembinaan sekolah dasar melakukan pengembangan sekolah dasar menjadi sekolah standar nasional dan disebut sekolah dasar standar nasional (SD-SN). Dengan adanya SD-SN, diharapkan dapat menjadi wujud nyata SD yang dimaksudkan dalam SNP dan menjadi acuan atau rujukan bagi sekolah dasar lain dalam pengembangan sekolah sesuai standar nasional. Suatu sekolah dasar bukan hanya menyediakan ruang kelas, guru, staf, murid kemudian terjadi proses belajar mengajar, tetapi letak sekolah dasar, bentuk ruang, penataan perabot dan perlengkapan, alur petugas dan pengguna, penerangan dan lain-lain perlu diperhatikan oleh penyelenggara sekolah agar tercapai sekolah dasar standar nasional yang interaktif, berkarakter dan berprestasi. Dengan letak site yang berada di daerah Jln. Babarsari dan lokasi merupakan lokasi yang dekat dengan area pendidikan maka wujud bangunan sekolah dasar yang memenuhi standar nasional (SN) yang diterapkan melalui tata ruang luar dan tata ruang dalam yang didesain dengan pendekatan ruang interkatif sebagai wadah pendidikan karakter dan semangat berprestasi dapat tercapai dan sesuai dengan desain yang ingin menyimbolkan sesuatu dengan cara yang berbeda sesuai dengan maknanya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 08 Nov 2013 08:51 |
Last Modified: | 08 Nov 2013 08:51 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4222 |
Actions (login required)
View Item |