SEGMENTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UAJY DALAM MENGGUNAKAN GADGET (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY dengan Teknik Analisis Cluster berdasarkan Motivasi dan Perilaku Penggunaan Gadget)

Jati, Lucia Tri Ediana Pamungkas (2014) SEGMENTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UAJY DALAM MENGGUNAKAN GADGET (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY dengan Teknik Analisis Cluster berdasarkan Motivasi dan Perilaku Penggunaan Gadget). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM003568.pdf

Download (266kB)
[img] Text (Bab I)
KOM103568.pdf

Download (236kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203568.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (Bab III)
KOM303568.pdf

Download (521kB)

Abstract

Trend gadget terus berkembang di Indonesia. Kecanggihan teknologi gadget seperti smartphone, komputer, tablet, e-reader, dan laptop semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusiaakan media yang modern dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana segmentasi mahasiswa program studi ilmu komunikasi UAJY dalam menggunakan media gadget. Segmentasi pasar adalah usaha untuk membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang dapat dibedakan satu sama lain dalam hal kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang mungkin akan memerlukan produk-produk dan strategi pemasaran tertentu untuk menjangkaunya. Ada empat variable utama yang umum digunakan untuk melakukan segmentasi pasar. Variabel tersebut adalah geografis, demografis, psikografis dan perilaku. Segmentasi perilaku konsumen dalam menggunakan media gadget dapat membatu vendor-vendor gadget membentuk segmen pasar yang efisien dan efektif untuk produk mereka sehingga produk dapat bersaing karena dipasarkan di pasar sasaran yang tepat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis cluster. Analisis cluster merupakan teknik multivariat yang mempunyai tujuan utama untuk mengelompokan objek-objek berdasarkan karakteristik yang dimilikinya. Analisis cluster mengklasifikasi objek sehingga setiap objek yang paling dekat kesamaannya dengan objek lain berada dalam cluster yang sama. Segmentasi dilakukan dengan membagi mahasiswa ke dalam grup-grup yang didasarkan pada motivasi dan perilaku mahasiswa dalam menggunakan media gadget. Berdasarkan perilaku penggunaan media gadget, terdapat 3 segmen mahasiswa yang terbentuk yaitu high user, medium user, dan low user. Segmen yang paling banyak dianut oleh mahasiswa prodi ilmu komunikasi UAJY adalah segmen medium user dimana persentase-nya adalah 40%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, motivasi penggunaan media, perilaku penggunaan media, gadget
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Sep 2014 09:47
Last Modified: 12 Sep 2014 08:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5741

Actions (login required)

View Item View Item