SATRIA PRAWIRA, MALKI (2015) EVALUASI STRUKTUR PENGGAJIAN KARYAWAN DI POS BALI MENGGUNAKAN ANALISIS BENCHMARKING DAN METODE AHP. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TI05877.pdf Download (760kB) |
|
Text (Bab I)
1TI05877.pdf Download (51kB) |
|
Text (Bab II)
2TI05877.pdf Download (207kB) |
|
Text (Bab III)
3TI05877.pdf Download (115kB) |
|
Text (Bab IV)
4TI05877.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text (Bab V)
5TI05877.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text (Bab VI)
6TI05877.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pos Bali merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di media informasi surat kabar. Dalam menyajikan berita yang baik untuk masyarakat diperlukan tugas penting dari karyawan Departemen Redaksi, yang dimana tugas dan tanggung jawabnya adalah memeriksa dan memilih berita yang baik untuk dimuat ke dalam surat kabar. Kepuasan kerja karyawan Departemen Redaksi menjadi sangat penting diperhatikan karena sangat berpengaruh kepada kinerja perusahaan itu sendiri. Pengujian kepuasan kerja karyawan dilakukan dengan menyebarkan kuisioner adaptasi tentang kepuasan kerja, selanjutnya mengkonsultasikan hasil kuisioner kepuasan kerja karyawan kepada Pos Bali. Gaji menjadi topik yang ingin dibahas oleh pihak Pos Bali, untuk itu dilakukan analisis Benchmarking untuk sistem penggajian karyawan Pos Bali dengan sistem penggajian perusahaan sejenis yang menjadi pesaingnya. Data Benchmarking didapatkan dengan cara melakukan wawancara kepada perusahaan yang menjadi acuan benchmarking. Hasil Benchmarking dikonsultasikan kembali kepada pihak Pos Bali, selanjutnya topik yang ingin dibahas adalah Form Representasi. Form diadopsi dari perusahaan pembanding dan memberikan bobot untuk penilaian menggunakan metode Analytic Hierarchy Process. Hasil dari kepuasan kerja karyawan didapatkan bahwa 1 orang menyatakan tidak puas, 18 orang menyatakan kepuasan mereka sedang, dan 4 orang menyatakan puas. Hasil pembobotan untuk kriteria teknis sebesar 0,41; non teknis sebesar 0,48; manajerial sebesar 0,11. Sedangkan untuk sub kriteria teknis AT 0,10; BT;0,13; CT 0,08; DT 0,10 untuk sub kriteria non teknis ANT 0,13; BNT 0,10; CNT 0,11; DNT 0,09; ENT 0,03; FNT 0,02 dan untuk sub kriteria manajerial AM 0,02; BM 0,03; CM 0,03; DM 0,01; EM0,02. Usulan perbaikan untuk Pos Bali adalah dengan memasukkan form representasi ke dalam sistem penggajian sebagai salah satu upaya meningkatkan kepuasan kerja karyawan Departemen Redaksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Kerja, Benchmarking, AHP |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 22 Feb 2016 10:49 |
Last Modified: | 22 Feb 2016 10:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8835 |
Actions (login required)
View Item |