EVALUASI STRUKTUR PENGGAJIAN KARYAWAN DI POS BALI MENGGUNAKAN ANALISIS BENCHMARKING DAN METODE AHP

SATRIA PRAWIRA, MALKI (2015) EVALUASI STRUKTUR PENGGAJIAN KARYAWAN DI POS BALI MENGGUNAKAN ANALISIS BENCHMARKING DAN METODE AHP. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI05877.pdf

Download (760kB)
[img] Text (Bab I)
1TI05877.pdf

Download (51kB)
[img] Text (Bab II)
2TI05877.pdf

Download (207kB)
[img] Text (Bab III)
3TI05877.pdf

Download (115kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI05877.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (Bab V)
5TI05877.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (Bab VI)
6TI05877.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pos Bali merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di media informasi surat kabar. Dalam menyajikan berita yang baik untuk masyarakat diperlukan tugas penting dari karyawan Departemen Redaksi, yang dimana tugas dan tanggung jawabnya adalah memeriksa dan memilih berita yang baik untuk dimuat ke dalam surat kabar. Kepuasan kerja karyawan Departemen Redaksi menjadi sangat penting diperhatikan karena sangat berpengaruh kepada kinerja perusahaan itu sendiri. Pengujian kepuasan kerja karyawan dilakukan dengan menyebarkan kuisioner adaptasi tentang kepuasan kerja, selanjutnya mengkonsultasikan hasil kuisioner kepuasan kerja karyawan kepada Pos Bali. Gaji menjadi topik yang ingin dibahas oleh pihak Pos Bali, untuk itu dilakukan analisis Benchmarking untuk sistem penggajian karyawan Pos Bali dengan sistem penggajian perusahaan sejenis yang menjadi pesaingnya. Data Benchmarking didapatkan dengan cara melakukan wawancara kepada perusahaan yang menjadi acuan benchmarking. Hasil Benchmarking dikonsultasikan kembali kepada pihak Pos Bali, selanjutnya topik yang ingin dibahas adalah Form Representasi. Form diadopsi dari perusahaan pembanding dan memberikan bobot untuk penilaian menggunakan metode Analytic Hierarchy Process. Hasil dari kepuasan kerja karyawan didapatkan bahwa 1 orang menyatakan tidak puas, 18 orang menyatakan kepuasan mereka sedang, dan 4 orang menyatakan puas. Hasil pembobotan untuk kriteria teknis sebesar 0,41; non teknis sebesar 0,48; manajerial sebesar 0,11. Sedangkan untuk sub kriteria teknis AT 0,10; BT;0,13; CT 0,08; DT 0,10 untuk sub kriteria non teknis ANT 0,13; BNT 0,10; CNT 0,11; DNT 0,09; ENT 0,03; FNT 0,02 dan untuk sub kriteria manajerial AM 0,02; BM 0,03; CM 0,03; DM 0,01; EM0,02. Usulan perbaikan untuk Pos Bali adalah dengan memasukkan form representasi ke dalam sistem penggajian sebagai salah satu upaya meningkatkan kepuasan kerja karyawan Departemen Redaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Benchmarking, AHP
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2016 10:49
Last Modified: 22 Feb 2016 10:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item