Adventianti, Yoana Baptista (2023) ANALISIS KORELASI INTENSITAS PENGGUNAAN DENGAN KEPUASAN FOLLOWERS AKUN @NCTZENBASE DALAM MENDAPATKAN INFORMASI BOYGROUP NCT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Yoana Baptista Adventianti)
180906495 - 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
180906495 - 1.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
180906495 - 2.pdf Download (549kB) | Preview |
|
Text
180906495 - 3.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
||
|
Text
180906495 - 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Akun @NCTzenbase merupakan salah satu akun autobase di media sosial Twitter. Dalam akun autobase terdapat sistem pengiriman menfess secara anonim yang hanya dapat dilakukan oleh followers yang telah diikuti kembali oleh akun @NCTzenbase. Perbandingan jumlah antara pengikut dengan yang diikuti akun @NCTzenbase cukup besar, menandakan bahwa banyak pengikut yang tidak dapat menggunakan fasilitas akun ini secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara intensitas penggunaan akun @NCTzenbase dengan kepuasan followers dalam mendapatka informasi boygroup NCT. Sesuai teori uses and gratification, variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu intensitas penggunaan sebagai variabel bebas, kepuasan followers sebagai variabel terikat serta motif dalam mendapatkan informasi sebagai variabel anteseden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan eksplanatif. Data diperoleh melalui metode survei berupa kuesioner dengan subjek penelitian adalah followers akun @NCTzenbase. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik korelasi Spearman Rank. Hasil analisis menemukan bahwa terdapat korelasi antara intensitas penggunaan dan kepuasan followers akun @NCTzenbase dalam mendapatkan informasi boygroup NCT. Sementara itu terdapat pula korelasi antara motif dalam mendapatkan informasi dengan intensitas penggunaan akun @NCTzenbase. Hasil tersebut menunjukkan bahwa teori uses and gratification relevan dengan fenomena akun autobase @NCTzenbase di media sosial Twitter.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motif Mendapatkan Informasi, Intensitas Penggunaan Media, Kepuasan Pengguna, Media Sosial Twitter, Uses and Gratification |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 18:54 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 18:54 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30526 |
Actions (login required)
View Item |