SELF CONFIDENCE SEBAGAI BENTUK PERSONAL BRANDING MICRO CELEBRITY DALAM LIVE STREAMING INSTAGRAM (Studi Deksriptif Kualitatif pada Live Streaming Instagram @corla_2)

Sampeako, Stella Sonia Sefanya (2023) SELF CONFIDENCE SEBAGAI BENTUK PERSONAL BRANDING MICRO CELEBRITY DALAM LIVE STREAMING INSTAGRAM (Studi Deksriptif Kualitatif pada Live Streaming Instagram @corla_2). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Stella Sonia Sefanya Sampeako)
190906813 0.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906813 1.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906813 2.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
190906813 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
190906813 4.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Adanya personal branding di media sosial, setiap individu dapat menunjukan ciri khas karakternya dengan orang lain sehingga terlihat lebih terkesan dibandingkan dengan orang lain. Bunda Corla merupakan salah satu orang biasa yang memanfaatkan personanya di media sosial untuk mendapatkan followers dengan memproduksi konten-konten seperti video, foto dan live streaming dengan menampilkan sosok dirinya yang memiliki self confidence yang tinggi. Hingga kini Bunda Corla telah mempunyai 6 juta pengikut di akun Instagramnya @corla_2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai self confidence sebagai bentuk personal branding micro celebrity Bunda Corla di live streaming akun Instagram @corla_2. Penelitian ini memiliki jenis penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi non partisipatif dan pengamatan tayangan live streaming Instagram @corla_2. Pengambilan data dilakukan dengan menentukan unit analisis self confidence dan mengkaitkannya dengan 3 elemen dasar pembentukan personal branding dari Speak & McNelly tahun 2002 yaitu khas, relevansi dan konsistensi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa self confidence sebagai bentuk personal branding Bunda Corla melalui live streaming Instagram. Pada cuplikan pertama, dia mampu mencapai tantangan sebanyak 500 penonton dengan keberaniannya untuk menerima tantangan dan percaya diri tampil di depan khalayak. Cuplikan kedua saat Bunda Corla menyanyikan lagu “No Comment” menunjukan self confidence-nya dengan tampil unik dan percaya diri melalui kata-kata dan ekspresi visualnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self confidence, Personal Branding, Live Streaming
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Feb 2024 21:38
Last Modified: 15 Feb 2024 21:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31059

Actions (login required)

View Item View Item